Sabtu, 15 Juni 2019

Jalan Siwalawa-Onohondro Akhirnya Dikerjakan TA. 2019

    6/15/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan Erwinus Laia, S.Sos, MM MH didampingi para Kepala Bidang dan Staf Dinas PUPR Nisel saat menggelar temu pers saat pelaksanaan Halal Bihalal, di Aula Kantor Dinas PUPR Jalan, Saonigeho, Km 3,5 Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Sabtu, (15/06/2019).

Dihadiri Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan Erwinus Laia, S.Sos, MM, MH., Kepala Bagian Perencanaan Data dan Informasi Publik Obedi Syukur Hulu, SAP, MAP., Kepala Sub Bagian Ketata Usahaan Yertina Ziraluo, SE, MIP., Kabid Sumber Daya Air Berkat Zebua, ST., Kabid Bina Marga Arsennius Halu, ST., Kabid Peralatan Rosmanis Dachi, SS., Kasi Penatagunaan Pengembangan SDA, Sungai dan Pantai Adventinus Zendrato, ST., Kasi Perencanaan Teknis dan Evaluasi Brucelee F Dakhi, ST., Kasi Preservasi Jalan dan Jembatan Aminyudi Buulolo, ST., Kemurahan Waruwu, A.md, Heni Suryani, SE dan Sejumlah wartawan yang bertugas di Kabupaten Nias Selatan.

Kadis PUPR Nisel Erwinus Laia memaparkan bahwa jalan dari Desa Siwalawa menuju Desa Onohondro Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan yang sempat beberapa tahun tak tuntas pengerjaannya karena masalah lahan, namun tahun 2019 ini dilanjutkan pembangunannya oleh Pemerintah Daerah Nias Selatan dibawah Kepemimpinan Bupati Hilarius Duha dan Sozanolo Nduru berkat kerjasama  dengan para tokoh masyarakat.

Erwinus juga menjelaskan bahwa anggaran telah tersedia untuk pembangunan jalan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019 dengan pagu dana sebesar Rp 5 Miliar.

Lanjutan pembangunan jalan itu juga berkat dari peran beberapa Tokoh Masyarakat Siwalawa yang ikut memediasi penyelesaian permasalahan lahan. jadi, kita sangat mengapresiasi peran para tokoh yakni Hurezame Sarumaha dan Faatulo Sarumaha menyukseskan lanjutan pembangunan jalan dari Desa Siwalawa menuju Desa Onohondro TA. 2019. Proses pengerjaan akan dilanjutkan lagi tahun depan sampai Desa Hilinawalo Fau, tandasnya.

Selain itu Ia  juga menjelaskan tentang berhasilnya pembangunan infrastruktur yang dibangun di Nisel TA. 2018. Dimana untuk Tahun 2018 lalu, ada 53 Km panjangnya jalan yang dibangun dan tahun ini ada sekitar kurang 45 Km lagi yang akan dibangun. dan tahun ini juga pembangunan jalan di kota akan dibangun. Muaranya ini semua, guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” bebernya.

Beberapa puluhan paket jalan lain termasuk paket TPT, Irigasi dan Jembatan yang tersebar di Wilayah Kabupaten Nias Selatan dan anggarannya bersumber dari DAK, DAU dan DBH TA.2019, akan dibangun juga tahun ini. Semuanya sudah selesai dilelang dan saat ini sedang mulai pelaksanaannya. jadi, diharapkan kepada rekan-rekan media untuk turut mengawasi pengerjaannya,” ungkapnya

Pada prinsipnya, tambah dia, Pemerintah Daerah Nias Selatan saat ini telah membangun infrastruktur jalan mulai dari Desa ke Kecamatan di beberapa wilayah dan hal ini akan terus dilanjutkan. Pencapaian yang dilaksanakan dinas PUPR Nisel merupakan berkat perhatian dan dukungan dari Pemerintah Nias Selatan dibawah kepemimpinan Bupati Hilarius Duha dan Wakil Bupati Sozanolo Ndruru yang begitu besar perhatiannya dalam pembangunan infastruktur untuk masyarakat Nias Selatan. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.