Rabu, 24 Juli 2019

Disdik Nisel Tahun 2019 Anggarkan Rp40 M Pembangunan Sarana Pendidikan

    7/24/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Pembangunan Sarana Pendidikan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK),  dan Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2019 sebesar sebesar Rp.40 Miliar telah dianggarkan  Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Nisel) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Nisel melalui Kabid PTK, Yasatulo Lase, SE, MA (foto) di Ruang Kerjanya Jalan Arah Lagundri Km. 7  Kecamatan Fanayama Kabupaten Nisel Propinsi Sumatera Utara, Rabu, (24/07/2019).

Dinas Pendidikan Nisel untuk Tahun Anggaran 2019 ini membangun sejumlah sarana yang dibangun untuk Tingkat sekolah Dasar (SD) yang dananya bersumber dari DAK 2019 diantaranya, Pembangunan Rumah Dinas Guru sebanyak 30 unit, pembangunan 12 Toilet Siswa SD,  pembangunan 7 Ruang Kelas Baru (RKB) dan 22 sekolah yang di rehab serta pembangunan 1 RKB untuk Gedung PAUD, jelas Lase.

Sementara,  untuk tingkat SMP, ada pembangunan RKB di tiga sekolah, rehabalitasi 16 sekolah, pembangunan Laboratorium IPA di lima sekolah, pembangunan Gedung Perpustakaan di empat sekolah, pembangunan Jamban Guru di enam sekolah dan Pengadaan sarana Belajar SMP untuk 23 sekolah. “Total keseluruhan pagu Dananya sebesar Rp. 30 Miliar bersumber dari DAK Tahun Anggaran 2019, ungkap Lase.

Ia menambahkan, selain dari DAK, ada juga pembangunan sejumlah sarana pendidikan yang bersumber dari DAU 2019 dengan pagu dana kurang lebih Rp. 10 Miliar. Sarana tersebut terdiri dari Pembangunan Kantor Kacabdis sebanyak 5 Unit, Lanjutan Pembangunan Kantor Kacabdis 10 unit, RKB SD 5 Sekolah, RKB SMP 5 sekolah, dan 1 unit pembangunan Gedung PAUD, tandas Lase.

Tak hanya itu, ada juga pembangunan jamban SD sebanyak 7 sekolah, Rehab SD  8 sekolah, rehab SMP 17 sekolah, dan pembuatan pagar Gedung PAUD sebanyak 1 unit. Ia berharap agar pengerjaan RKB, Rehabilitasi Gedung dan program lainnya baik yang bersumber dari Dana DAK maupun DAU dapat dikerjakan sesuai Juknis yang ada.

Lase juga berharap kepada masyarakat supaya bisa menjaga proses pengerjaan pembangunan tersebut sehingga nantinya dapat dimanfaatkan para siswa dalam menuntut ilmu.  Kepada sejumlah wartawan agar dapat  ikut mengawasi program pembangunan di Dinas Pendidikan Nisel biar program yang telah dianggarkan dapat berjalan dengan sukses, akhirnya. (doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.