Rabu, 03 Juli 2019

Pemkab Nisel Bangun Drainase di Pemukiman Warga

    7/03/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan (Nisel) giat pembangunan Parit/Drainase di beberapa Permukiman warga, yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2019 melalui  Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perakim) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) yang telah selesai dikerjakan baru-baru ini. Hal itu di ungkapkan Kadis Perakim Nisel Ir Yudika Duha kepada wartawan di Ruang Kerjanya, Jalan Baloho Telukdalam Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Rabu (03/07/2019).

Kadis Perakim  Ir. Yudika Duha menjelaskan kepada sejumlah wartawan bahwa  sejumlah pembangunan  saluran parit atau drainase di kawasan pemukiman warga yang dibangun pihaknya, dan saat ini sudah selesai dikerjakan. Parit tersebut bersumber dari DAU Tahun Anggaran 2019, pagu danaya berbeda-beda yakni ada yang Rp. 200 juta dan ada juga yang Rp. 100 juta," bebernya.

Pembangunan yang telah siap dikerjakan, salah satunya parit di Desa Hilimbaruzo Kecamatan Mazo Rp.200 juta dan parit di Desa Hiliamuri Kecamatan Telukdalam Rp.200 juta. Kemudian parit di Lorong Halamba'a Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Rp.100 juta, pembangunan drainase halaman Kantor Camat Mazino Rp.200 juta, pembangunan tembok penahan di depan Gereja Santo Matias Kecamatan Amandraya Rp.200 juta.," tandas Duha.

Bukan hanya itu, Parit atau Drainase, juga ada paket rehabilitasi sejumlah Kantor Camat dan rehabilitasi sarana air bersih yang telah siap dikerjakan. yaitu, rehabilitasi Kantor Camat Maniamolo dengan pagu dana sebesar Rp.200 juta, rehabilitasi Aula serba guna Kantor Camat PP Batu Rp.200 juta dan rehabilitasi sarana air bersih di Desa Hilizalootano Kecamatan Mazino Rp.200 juta, tambah Duha.

Sementara itu, paket pembangunan ke-5 Kantor Camat tersebut, dengan masing-masing anggaran sebesar Rp. 1,2 Miliar, ditambah lagi ada 3 paket saat ini, yang sudah pada tahap pematokan yakni Kantor Camat Siduaori, Huruna dan Kantor Camat Idanotae. kemudian, ada 2 paket lagi Kantor Camat Somambawa dan Kantor Camat Ulususua yang tinggal menunggu waktu tim pematokan, ungkap Duha.

Ia menjelaskan, Pembangunan Kantor Camat di seluruh Kecamatan. merupakan salah satu program Pemerintah Daerah dan hal itu tergantung dukungan ketersediaan anggaran., kalau niat kita sebenarnya, maunya ke 14  lagi Kantor Camat yang belum ada itu, dibangun serentak pada tahun depan. walau demikian, itu semua kembali ketersediaan anggaran," jelas Duha.

"Selanjutnya, Selain dari 5 Kantor Camat itu, yang telah dibangun tahun ini, masih ada 14 Kecamatan lagi yang belum memiliki Kantor Camat dan pembangunan akan terus berlanjut hingga semua Kecamatan memiliki Kantor Camat, akhirnya.(doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.