Minggu, 14 Juli 2019

UPTD Puskesmas Gomo Melayani Semua Kalangan Masyarakat

    7/14/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-UPTD  Puskesmas yang berada di derah Kecamatan Gomo ini ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Puskesmas ini sudah melayani banyak masyarakat yang datang berobat dan memberikan pelayanan kesehatan yang mudah kepada masyarakat di Tujuh Kecamatan yang dinaunginya. Hal ini disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Perawatan Gomo Sahabat Jaya Buulolo, SKM kepada sejumlah wartawan saat ditemui di Ruang Kerjanya, Sabtu, (13/07/2019).

Dalam penjelasannya bahwa pada Tahun ini ada beberapa program prioritas dan inovasi baru dalam hal pelayanan kesehatan yang akan dan sebagian telah dilakukan pihaknya muaranya demi mengurangi beban masyarakat serta agar masyarakat selalu hidup sehat, bebernya.

Pelayanan Dasar yang dilakukan pihaknya itu berdasarkan dengan visi -misi pak Bupati Hiliarius Duha dan Wakil Bupati Sozanolo Nduru point ke 3 yang menyebutkan "Menyediakan sistem kesehatan yang berkualitas" dan juga tidak lepas dari dukungan Kadis Kesehatan, ungkapnya.

Kegiatan prioritas kami untuk Tahun 2019 ini melakukan pelayanan dalam dan luar gedung sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), melakukan pelayanan dengan mudah tujuannya guna mengurangi beban masyarakat. dan salah satu kegiatan rutin kami adalah antar jemput pasien ibu yang melahirkan. Kemudian, adanya pembenahan dan penataan Puskesmas, kegiatan Germas atau senam bersama, sebutnya.

Program lain lagi adalah, Kelas Posbindu (Pos pelayanan terpadu) dimana salah satu dari 5 isu prioritas nasional yakni mengenai penyakit tidak menular yang merupakan penyakit pembunuh utama.di bidang kesehatan. Jadi salah satu cara mencegahnya dengan membentuk kelas Posbindu dan sasarannya umur 15 keatas, tandas Jaya.

Tak hanya itu, namun pihaknya juga menciptakan inovasi baru dengan melakukan pembibitan tanaman daun kelor dimana dalam penelitian medis daun tersebut sebagai salah satu tanaman ajaib serta memiliki kadar gizi tinggi serta dapat mencegah berbagai jenis penyakit seperti Hipertensi, Diabetes dan lain-lain, imbuh Jaya.

Meskipun fasilitas kesehatan di UPTD tersebut masih belum memadai, namun, pihaknya selalu memberi pelayan yang mudah bagi masyarakat.
“Soal ketersediaan obat di Puskesmas Gomo lengkap sesuai dalam daftar obat yang disediakan oleh Pemerintah Daerah Nisel, terang Jaya.

Kegiatan yang kami lakukan belum lama ini adalah program sunatan massal gratis kepada 213 warga dan saat kegiatan itu dihadiri langsung oleh Ibu Megawati You sebagai Kadis Kesehatan. Kegiatan sunatan massal itu sebenarnya bukan merupakan bagian dari tugas kami namun karena banyaknya permintaan masyarakat sehingga kami mengambil rapat dan akhirnya sepakat untuk melakukan kegiatan sunatan massal tersebut. Bahwa tenaga perawat dan bidan sudah cukup, Ia juga berharap kiranya Pimpinan Daerah dapat memberi perhatian dengan membangun Puskesmas Pratama di Kecamatan Gomo serta menambah tenaga dokter seperti dokter gigi dan satu orang lagi dokter umum, harap Jaya. (doeha).

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.