Jumat, 16 Agustus 2019

Di Sumenep, Tiga Instansi Resmi Tandatangani MoU Kapal RS Terapung

    8/16/2019   No comments

MOKI, Sumenep – Tiga instansi, Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, resmi menandatangani nota kesepakatan (MoU) peluncuran Kapal Rumah Sakit (RS) terapung, bertempat di Pelabuhan Indonesia (Pelindo) lll Kalianget Sumenep. Kamis (15/8/2019).

Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek berharap kapal rumah sakit tersebut dapat memudahkan masyarakat, khususnya di wilayah kepulauan mengakses pelayanan kesehatan.

“Saya berharap dengan adanya MoU ini, pelayanan kesehatan di wilayah kepulauan lebih maksimal lagi ke depannya,” ungkapnya.

Menurut Nila, pihaknya merasa senang dengan dihibahkannya kapal milik Kemenhub tersebut kepada Kemenkes dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebab, kata dia di Sumenep masih banyak wilayah yang harus mendapatkan layanan kesehatan.

“Bapak Bupati Sumenep mengatakan di sini ada 126 pulau, sedangkan yang dihuni ada 48 pulau. Jadi setiap pulau di mana ada manusia berada harus tersentuh oleh layanan kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, Nila juga mengimbau pengoperasian kapal rumah sakit mesti sesuai standar yang berlaku. Misalnya, kata dia petugas tidak diperbolehkan membuang limbah jni sembarangan ke laut.

“Saya minta semua petugas medis di kapal rumah sakit harus menyesuaikan dengan standar yang ada. Kapal ada sarat kebersihan dan tidak menularkan penyakit,” katanya.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa selain sebagai rumah sakit terapung, kapal jenis rade itu juga akan difungsikan untuk mengangkut penumpang. Sehingga dapat meningkatkan konektivitas dan pelayanan kesehatan di kepulauan lebih baik.

“Kapal jenis rade ini adalah kombinasi kapal rumah sakit dengan kapal penumpang. Kita ingin bahwa selain rutin melayani penumpang, juga ada pelayanan rumah sakit,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan banyak terima kasih kepada Menteri Perhubungan dan Menteri Kesehatan yang telah menghibahkan kapal rumah sakit terapung untuk dioperasikan di wilayah Jawa Timur, termasuk di perairan Sumenep.

“Harapan saya, dengan adanya kapal RS ini bisa memberikan layanan kesehatan lebih berkualitas dan lebih merata. Dua kapal ini akan kita maksimalkan untuk melayani masyarakat di kepulauan,”  tutupnya.(Sar)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.