Sabtu, 03 Agustus 2019

Lomba Ternak Dan Peternakan Expo 2019 di Pati

    8/03/2019   No comments

MOKI, PATI-Kabupaten Pati digadang-gadang bakal menjadi salah satu diantara lumbung ternak utama di Jawa Tengah.

Hal itu dikemukakan Kepala Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu Provinsi Jawa Tengah Agus Sucipto, hari ini, ketika membacakan sambutan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah di acara lomba ternak dan expo pertanian yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertannak) Kabupaten Pati, di Hutan Kota Kalidoro.

Dengan segudang potensi sapi potong, itik lokal Pati, maupun kambing pe Kaligesing yang dimiliki, Kabupaten Pati diharapkan dapat segera menyusul daerah lain yang telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian RI sebagai wilayah sumber bibit ternak.

Menurut Agus, saat ini, pewilayahan sumber bibit yang telah ditetapkan oleh menteri pertanian adalah Kabupaten Kebumen, Rembang, Brebes, Purworejo, Banjarnegara, dan Banyumas.

"Pendekatan pewilayahan sumber bibit ini merupakan upaya pemerintah dalam pelestarian dan pengembangan ternak lokal. Maksud dan tujuannya ialah mewujudkan program yang sinergis, sehingga populasi dan produktivitas ternak dapat ditingkatkan," imbaunya.

Agus menyebut, dari berbagai jenis dan rumpun ternak lokal di Jawa Tengah, diantaranya adalah 10 jenis ternak lokal yang telah mendapat penetapan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI.

Sepuluh jenis ternak lokal tersebut ialah Sapi PO, Sapi PO Kebumen, Sapi Jabres, Kambing PE Kaligesing, Kambing Kejobong, Domba Batur, Domba Wonosobo, Itik Tegal, Itik Magelang, dan Ayam Kedu.

"Ternak-ternak lokal tersebut memiliki ciri dan karakteristik serta keunggulan. Di antaranya tahan terhadap lingkungan tropis, mampu bereproduksi secara maksimal, serta mampu berreproduksi dengan pakan seadanya,"lanjutnya.

Dari berbagai jenis ternak lokal, imbuh Agus, Pati memiliki potensi sapi potong, itik lokal Pati, dan Kambing PE Kaligesing.

Karena itu, pihaknya berharap Pati dapat mengembangkan potensi ternaknya hingga dapat menjadi satu di antara lumbung ternak utama di Jawa Tengah.

"Mari kita terus kembangkan peternakan sebagai salah satu pilar ketahanan pangan nasional", tutupnya. (Red)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.