Jumat, 02 Agustus 2019

Panen Raya Padi, Bupati Nisel Peningkatan 100 Persen

    8/02/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Pemerintah Nias Selatan berhasil meningkatkan hasil panen padi melalui  Dinas Pertanian. Bupati Nias Selatan (Nisel), Hilarius Duha bersama kelompok tani Umbu Baru, Desa Bawoza'ua yang difasilitasi Dinas Pertanian panen raya padi sawah di areal Sawah Desa Bawonifaoso Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Jumat (02/08/2019)

Dihadiri : Bupati Nias Selatan Hilarius Duha didampingi Asisten Administrasi Umum Setiaro Waruwu, Kadis Pertanian Norododo Sarumaha, Kadis Sosial Intan Sani Haria, Kadis Ketahanan Pangan Ermanjaya Buulolo, Kadis Perpustakaan Heni Duha, Camat Telukdalam Dionisius Wau, Sekdin Pertanian Mutiara Duha, Babiinsa Koramil 12/Teluk Dalam,  Pj.Kades Bawonifaoso Donisius Luaha, pegawai dari BPS, sejumlah PPL Pertanian.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha menjelaskan bahwa dalam rangka pengembangan intensitas padi sawah, ada sekitar 210 hektare lahan sawah di bawah pembinaan Dinas Pertanian dan mengalami peningkatan hasil panen mencapai 100% dari hasil panen sebelumnya.

Dimana menurut pengakuan Kelompok tani Umbu Baru mengungkapkan bahwa dalam satu hektar menghasilkan rata-rata  6,5 ton per hektar. Sedangkan, sebelumnya hasil hanya mencapai 3,5 ton perhektar setiap kali panen. Jumlah area sawah dibawah binaan Dinas Pertanian secara keseluruhan  ada sekitar 210 hektar. “Area sekitar sini ada sekitar 105 hektar kita bantu dan hari ini kita panen di lahan 1 hektar  dengan hasil 6,5 ton, bebernya.

Ditambahkannya, peningkatan ini terjadi karena penggunaan bibit unggul yang baik, pemupukan yang tepat sesuai dengan standar disertai dengan pengobatan yang rutinitas.

Hal ini juga, sambung dia,  masih belum dapat memenuhi kebutuhan pangan di Nisel, namun pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan produktifitas padi di Wilayah Nias Selatan.

Kebutuhan pangan kita masih jauh, dan target kita akan terus melakukan pembinaan terhadap petani kita.  minimal ada kenaikan hasil panen supaya bisa menutupi kebutuhan kita, tandas Bupati.

Sementara, Ketua kelompok  Tani Umbu Baru Bahazanolo Lature mengapresiasi atas bantuan dan perhatian Pemerintah Daerah Nisel dalam meningkatkan hasil panen padi sawah. Kami mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Daerah terhadap peningkatan mutu padi di Nisel. dan kami juga  dari kelompok tani Umbu Baru berharap agar hal ini terus dilakukan untuk keterpenuhan kebutuhan padi di Nisel, harapnya.

Ia mengaku jika hasil panen kali ini meningkat dari hasil panen sebelumnya dimana saat ini dapat menghasilkan 6,5 ton perhektar . Sedangkan sebelumnya hanya menghasilkan 3 ton per hektar.

Ia berharap agar Pemkab Nisel dapat memperbaiki parit yang ada di sekitar area sawah mereka karena saat turun hujan air meluap ke area sawah sehingga merendam tanaman padi sawah mereka, harapnya. (doeha).

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.