Kamis, 01 Agustus 2019

Pemkab Sumenep Gelar Lomba Cipta Menu Beragam

    8/01/2019   No comments

MOKI, Sumenep - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura melalui Dinas Ketahanan Pangan dan  Peternakan menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Pangan Lokal tahun 2019 di Gedung KORPRI, Kamis (01/08/2019).

“Bahan baku produk makanan pangan lokal di Kabupaten Sumenep cukup banyak untuk digali, sehingga masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja,” kata Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH di sela-sela Lomba B2SA.

Ia menyatakan, menu pangan lokal memiliki manfaat positif bagi kesehatan untuk asupan gizi, dalam rangka membangun kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia.

“Saya berharap masyarakat kreatif memanfaatkan potensi bahan baku makanan lokal, sebagai kebutuhan makanan sehari-hari dalam keluarganya,” tutur pengusaha muda sukses ini.

Wakil Bupati berharap, pihak terkait juga mensosialisasikan kepada segenap lapisan masyarakat, agar tidak hanya tergantung kepada beras dan terigu, namun juga memanfaatkan pangan lokal misalnya jagung serta jenis umbi-umbian.

“Manakala konsumsi pangan lokal tinggi dampaknya bisa meningkatkan nilai ekonomis dan pendapatan masyarakat, bahkan mampu bersaing dengan makanan modern,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Heriyanto, M.Si mengungkapkan, lomba itu diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Sumenep, dengan kriteria lomba adalah menyajikan menu lunchbox B2SA yang komersial dengan pangan pokok dari serealia atau umbi-umbian.

“Kriteria lomba juga display olahan pangan non beras non terigu dan produk yang siap konsumsi,” pungkasnya. (Sar)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.