Kamis, 29 Agustus 2019

Trauma Gempa Sejumlah Masyarakat Gane Barat Memilih Tinggal Di Pengungsian

    8/29/2019   No comments

MOKI, HALSEL-sebagian Masyarakat Desa Koititi Kec. Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) lebih memilih tinggal dipengungsian karena trauma. Gempa yang tak kunjung berhenti meski berskala kecil namun, paska kejadian minggu, 14/07/19 lalu yang sempat meluluh lantakan bangunan huni dan umum masih membekas dibenak warga sehingga, memilih tetap bertahan di pengungsian.

Masyarakat yang memilih tetap bertahan di pengungsian juga membangun Rumah dengan bahan dan peralatan seadanya,"Bukan tako tapi berjaga-jaga siapa tau terjadi lagi, apalagi barang ini (gempa)torang tara tau dimana dan kapan terjadi makanya, torang bangun Ruma di kobong hitung-hitung bisa jaga kobong lagi,"kata Azis saat dikonfirmasi wartawan Kamis, (29/08/19).

Dari hasil pantauan wartawan kabar-investigasicom masyarakat yang bertahan di pengungsian sebagian besar adalah petani yang keseharian mereka sebagai petani Gula Merah dan tanaman tahunan,"Dari pada tiap pagi kita harus pigi kobong lebebae kita satu kali tinggal di kobong karena biking gula ini, tiap pagi sore musti tong pigi kobong,"tambah Azis.

Selain itu, terdapat kurang lebih 39 Kepala Keluarga (KK) yang masih belum meninggalkan lokasi pengungsian dengan lokasi yang berbeda-beda sesuai dengan lokasi tempat dimana mereka bercocok tanam adapun beberapa KK yang tergabung di satu lokasi yang keseharian mereka tidak bekerja (berkebun). (Adhy)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.