Minggu, 15 September 2019

Akhirnya, 100 Pelompat Batu Nisel Pecahkan Rekor Muri

    9/15/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Pelaksanaan puncak acara Sail Nias 2019 membawa kebahagiaan bagi masyarakat Nias Selatan (Nisel). Sebanyak 100 Pelompat Batu terbanyak dalam sejarah akhirnya berhasil memecahkan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) dengan aksi heroiknya sebanyak 100 orang mengadakan atraksi lompat batu di Pelabuhan Baru Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Sabtu (14/09/2019).

Ada yang menarik dari aksi pemecahan rekor ini. Salah seorang pelompat batu dari 100 peserta lompat batu yang paling termuda atas nama Josua manao (14) dari SMP  Negeri 1 Telukdalam Kelas 9. Pertunjukan atraksi lompat batu terbanyak, dimana budaya lompat batu setinggi dua meter turun temurun dilestarikan oleh Suku Nias, khususnya di Nias Selatan. Keunikan budaya ini menjadi modal untuk menjadikan nias sebagai destinasi wisata dunia, akhirnya tercatat sebagai Rekor Muri tahun 2019, ungkap Dasar Manao dengan wajah bahagia dan bangga.

Muri sendiri menyerahkan penghargaan kepada Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan pelatih aksi, Dasar Manao dari Yusuf Adri selaku perwakilan Muri.

Dalam penjelasannya, pemecahan rekor ini melibatkan jumlah pelompat terbanyak dan belum pernah ada didunia, sebagai pemecahan rekor terbanyak 100 0rang pelompat batu. Penilaian Muri, lompat batu atau dalam bahas Nias (fa‘hombo) terbanyak serta atraksi Budaya Tari Perang yang melibatkan ratusan pemuda, ungkapnya.

Tradisi lompat batu menjadi salah satu pertunjukan yang banyak di tunggu para tamu undangan. Seratus pelompat batu, dalam hitungan menit melakukan lompatan secara massal di hadapan para tamu dan undangan, akhirnya meraih penghargaan dari Muri.

Di lain sisi, pemecahan rekor tersebut merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan puncak acara Sail Nias 2019 yang dipusatkan di Pelabuhan Baru  Telukdalam Kabupaten Nias Selatan.(doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.