Senin, 02 September 2019

Babinsa Koramil 11/Gomo Dampingi Poktan Merawat Tanaman Padi

    9/02/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Bintara Pembina Desa Koramil 11/Gomo Kodim-0213/Nias, sukseskan swasembada pangan laksanakan pendampingan upaya khusus (Upsus) pembersihan lahan Padi di Kelompok Tani (Poktan) Hilindruria Desa Sifaoroasi Gomo Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Senin (02/09/2019).

Dengan pelaksanaan pembersihan rumput di lahan persawahan, Babinsa Koramil 11/Gomo yang turun di lapangan Sertu I Marbun didampingi Serda B Tafonao dan Kopka S Siregar menjelaskan dalam rangka perawatan tanaman padi untuk mensukseskan swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah, rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat, ungkap Marbun.

Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari, beber Marbun.

Pembersihan rumput ini dimana tanaman padi yang tumbuh harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal. Mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi dan pembersihan gulma agar tanaman padi tumbuh normal. Kegiatan ini di laksanakan oleh Babinsa Koramil-11/Gomo secara rutin di Wilayah Teritorialnya untuk membantu Masyarakat khususnya di bidang Pertanian, akhir Marbun. (doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.