Sabtu, 14 September 2019

Besok, Pemkab Sumenep Gelar Kerapan Sapi

    9/14/2019   No comments

MOKI, Sumenep - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura Besok bakal gelar kerapan sapi 2019, bertempat di Lapangan Giling Sumenep tepatnya di depan kantor Kementrian Agama ( Kemenag) Sumenep. Minggu (15/9/2019)

“Alhamdulillah persiapan  tidak ada kendala dan hambatan, sudah kami melakukan peninjauan lapangan. Meski ada los-los pasar sementara di dalam lapangan kerapan sapi, kami suruh meliburkan diri, karena terkait adanya kerapan sapi,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Robi.

Menurutnya, acara kerapan sapi selain menjadi tradisi di Pulau Madura, khususnya Kabupaten Sumenep tentu juga sebagai penarik wisatawan dalam berkunjung kota keris ini.

“Karena ini tradisi tahunan, dan dimulai seleksinya dimulai dari tingkat kawedanan, jadi ada enam kawedanan. Dimulai sejak bulan Juli kemarin, secara berurutan dari kawedanan Kota, Ambunten, Bluto, Guluk-Guluk, dan Pulau Sapudi.
Jadi tanggal 25 Agustus 2019 kemarin seleksi di Pulau Sapudi. Kemudian lanjut ditingkat Kabupaten, yang pelaksanaannya akan dilaksanakan besok,” terangnya.

Untuk peserta sendiri, kata Robi, ada 36 pasang sapi yang akan ikut berlomba nantinya.

 “Perkawedanan kan ada enam, ada enam ex kawedanan, jadi ada golongan menang dan golongan kalah, masing-masing kan ada enam pasang. Ada 36 pasang sapi yang akan turun besok dalam kerapan sapi tingkat Kabupaten,” tutur dia.

Sementara, dominasi sapi sendiri dalam acara tersebut harus murni sapi lokal untuk dilombakan. “Yang jelas pesertanya adalah sapi dari lokal Kabupaten Sumenep, karena di tata tertib sudah diatur bahwa tidak boleh ada sapi dari luar Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Selain itu, tujuan utama diadakannya pagelaran tahunan tersebut tak lain demi melestarikan tradisi kebudayaan kerapan sapi. “Tentu pasti untuk melestarikan tradisi kerapan sapi turun temurun dari nenek moyang, dan amanah UU no 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan,” tandasnya.(Sar)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.