Kamis, 12 September 2019

Pembukaan Wonderful Nias Expo Ajang Memajukan Dunia Pariwisata

    9/12/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Pembukaan Nias Expo sebagai salah satu rangkaian event Sail Nias 2019 yang berlangsung mulai Tanggal 11 s/d 14 September 2019. Diawali dengan pagelaran budaya tradisional kepada para tamu terhormat ditampilkan oleh  Sanggar Tari Fameafo dari SMP Negeri 1 Telukdalam. Selain tarian tradisional dari Nias Selatan, juga ditampilkan tarian jumping dari kota Medan dilaksanakan di lapangan Orurusa Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Rabu (11/09/2019)

Dihadiri Staf Ahli Bidang Perdagangan Pasar Kementerian Perdagangan RI, Sutrisno Edi, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa dan PDT RI, Taufik Madzid, Sekretaris Ditjen PEN, Ganef Judawati, Eselon II Kemenkumham RI, Bupati Nisel Hilarius Duha, Danalanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Wakil Bupati Nisel, Sozanolo Ndruru, Nyonya Megawati Sozanolo Nduru dan para undangan lainnya.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya kegiatan Wonderful Nias Expo ini dapat memajukan dunia pariwisata Kepulauan Nias khususnya Kabupaten Nias Selatan.

Staf Ahli Perdagangan Pasar Kemendag RI dalam sambutannya mengatakan, ada banyak cerita yang menarik yang ia dengar tentang Pulau Nias dan itu ternyata betul. Ketiika melintasi jalan dari Binaka menuju kota Telukdalam, ada banyak potensi yang terkesan baginya yang harus dikembangkan di Kepulauan Nias Khususnya Nias Selatan, ungkapnya

Ia juga menjelaskan event Sail Nias ini momentum dan menjadi tonggak sejarah bagi Nias Selatan untuk lebih meningkatkan destinisasi wisata, perdagangan dan investasi.  Selain potensi wisata alam, Kelapa dan pisang bila diolah menjadi kerajinan tangan nilainya sangat tinggi, bebernya.

Dimana Batok kelapa nilainya tinggi sekali karena dapat diolah menjadi bahan untuk obat pencernaan dan lain-lain. pisang juga dapat diolah jadi keripik  gizinya sangat bagus sekali. Semua upaya-upaya perbaikan disini akan mendukung sekali. Pihaknya akan menyiapkan ahli agar ekonomi Kepulauan Nias bisa lebih bergerak. Banyak hal yang kita lakukan di sini. SDM harus kita kembangkan. Sesuai visi misi pak Jokowi tentang SDM yang unggul. Pembinaan SDM, Pelatihan dan pendampingan harus  dilakukan, ungkapnya.

Serta mengajak untuk bekerja bersama-sama dan tidak bekerja sendiri-sendiri untuk membuat Kepulauan Nias  menjadi maju. Kami harapkan teman-teman supaya menyaksikan pameran ini,  dibina dan diberi pelatihan supaya Kepulauan Nias yang merupakan satu bagian dari Indonesia yang tidak terpisahkan terus bergerak maju, harapnya.

Usai membuka secara resmi Kegiatan tersebut yang ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita, bersama unsur Forkopimda Nisel dan para undangan lain turut meninjau setiap Stand. (doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.