Senin, 23 September 2019

SMAN 1 Sumenep Gelar Pekan Literasi Tengah Semester

    9/23/2019   No comments

MOKI, Sumenep -  Untuk memicu anak-anak gemar membaca dan mencintai buku, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Pekan Literasi Tengah Semester dengan berbagai kegiatan diantaranya bedah buku, lomba menulis essai dan lomba menulis cerpen, dan juga di ramaikan lomba Bazar.

Kegiatan tersebut di hadiri Wabup Sumenep, Achmad Fauzi, Kepala Dinas Pendidikan  Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep Sugiono dan juga di hadiri Dinas Perpustakaan Sumenep.

“Saya berharap kegiatan literasi itu, jangan hanya sebatas di saat acara saja, melainkan harus berkelanjutan, supaya peserta didik melalui literasi, wawasan dan pengetahuannya semakin berkembang bahkan tahu apa yang mereka tidak tahu sebelumnya,” tegas Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, pada Pembukaan Literasi Tengah Semester di SMAN 1 Sumenep, Senin (23/09/2019).

Guru harus mengajak peserta didiknya selalu menyukai dan mencintai membaca buku sebagai gudang ilmu dan jendela dunia, dalam rangka membentuk siswa literat yang menjadi bagian dari masyarakat membaca dan menulis.

“Dengan membaca, tentu saja siswa membangun kecerdasan, komunikasi, dan membangun karakternya sebagai “generasi emas” berkualitas yang siap dengan kondisi pasca globalisasi, demi pembangunan daerah dan bangsa di masa mendatang,” tutur pengusaha muda sukses ini.

Untuk itu, Wabup Achmad Fauzi meminta guru SMAN 1 Sumenep menguasai teknologi informasi dalam rangka meningkatkan literasi teknologi, karena arus teknologi informasi mengubah gaya membaca dari buku cetak ke digital.

“Guru penting memperkaya literasi teknologi, agar tidak kalah sama peserta didiknya, mengingat di era digital, peserta didik mudah mengakses berbagai informasi ataupun materi pejalaran melalui internet,” tandas Wakil Bupati.

Bedah buku yang digagas SMAN 1 Sumenep, yakni Terapi Spiritual karya Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, dan Saatnya Move On Catatan Seorang Birokrat Muda, karya Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Pada bedah buku itu, Wakil Bupati mengadakan dialog atau tanya jawab dengan siswa SMAN 1 Sumenep.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Sumenep, Samsul Arifin mengungkapkan, pihaknya di pekan literasi itu juga mengadakan lomba bazar dan lomba pojok buku, yang pesertanya mencapai 30 stand, terdiri dari siswa sekolah setempat.

"Lomba bazar merupakan hasil karya siswa setelah mengikuti mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan dan berpraktek menghasilkan produk yang di pajang/ditaruh di stand masing-masing kelas untuk dilombakan antar kelas disamping lomba pojok buku, lomba mengarang cerpen, lomba mengarang puisi, lomba fotografi termasuk bedah buku. Sedangkan pelaksanaan pekan literasi tengah semester sejak Senin hingga Jumat (23-27/09/2019),” pungkasnya.(SR

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.