Senin, 14 Oktober 2019

Harga Garam Anjlok, DPRD Sumenep Segera Kirim Surat Ke Pemerintah Pusat

    10/14/2019   No comments

MOKI, Sumenep - Anjloknya harga garam dua tahun ini sangat meresahkan petani garam Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sejumlah perwalikan petambak garam dari Desa Pinggir Papas dan Desa Karang Anyar, Kecamatan Kalianget, datangi kantor DPRD setempat. Senin (14/10/2019).

Kedatangan sejumlah petambak ke kantor DRPD Sumenep mengadu anjloknya harga jual  garam yang   jauh dari harapan. Mereka menyebut harga terus mengalami penurunan sejak dua tahun terakhir.

“Dua tahun terakhir ini harga jual garam terus merosot, dan musim ini sudah mencapai titik terendah,” kata perwakilan petambak garam, H. Ubaid.

Dia menduga, anjloknya harga garam disebabkan impor yang berlebihan. Untuk tahun 2018, impor yang diajukan pemerintah sebanyak 3,7 juta ton. “Ini sudah over stok, sehingga berdampak terhadap penyerapan dan harga garam,” ujarnya.

Saat ini, kata Ubaid harga garam ditingkat petambak bervariasi, untuk KW1 dipatok Rp450 ribu per ton, KW2 Rp300 ribu dan KW3 Rp250 ribu per ton.

“Dengan harga segitu, petambak masih kesulitan menjual hasil panennya. Karena perusahaan membatasi penyerapan, hanya satu truk per supplier,” jelasnya.

Sebab itu, petambak berharap anggota dewan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk meningkatkan harga garam. “Pemerintah kabupaten juga perlu melakukan langkah-langkah agar harga garam tidak anjlok,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir siap memfasilitasi aspirasi petambak garam. Dalam waktu dekat, ia berencana berkirim surat ke pemerintah pusat untuk menindaklanjuti keluhan petambak garam.

“Langkah awal yang akan kita lakukan, yaitu berkirim surat ke pemerintah pusat,” katanya.

Bahkan, kata dia, Komisi II DPRD Sumenep akan melakukan rapat kerja dengan pihak PT. Garam (Persero) untuk membicarakan harga garam. “Nanti Komisi II akan panggil PT. Garam agar bisa menyerap garam rakyat,” pungkasnya. (SR)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.