Kamis, 24 Oktober 2019

Komisi I DPRD, Manfaatkan DD-ADD Untuk Penghijauan

    10/24/2019   No comments

MOKI, Sumenep - Selain untuk penggunaan infratruktur dana DD-ADD juga bisa di manfaatkan untuk penghijauan desa. Pernyataan itu di samapaikan Anggota Komisi I DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Irwan Hayat. Kamis, 24/10/2019.

Diketahui, pada 2019 plafon DD untuk Kabupaten Sumenep sekitar Rp 123 miliar. Dengan anggaran yang cukup besar itu, ditambah ADD, maka pagu bantuan yang dikelola oleh desa rata-rata di atas Rp 1 miliar lebih.

"Selain untuk penggunaan infrastruktur  DD-ADD juga bisa dialokasikan untuk program reboisasi atau penghijauan. Itu sebagai upaya untuk mengatasi kekurangan air dikala musim kemarau panjang,"  katanya. Kamis (24/10)

Menurutnya,  penghijauan bisa mengurangi konversi lahan di daerah hulu, karena itu akan mengurangi aliran permukaan dan penguapan sehingga air tanah akan tersedia lebih lama.

Tanaman yang ditanam pada lahan-lahan kosong, kata Irwan Hayat, dapat menjaga dan mengikat butiran tanah saat terjadi hujan. Tanaman yang rapat juga bisa meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap air hujan. Sehingga saat musim kemarau tanah tidak cepat kering.

"Nanti kami akan bawa program ini di tingkat kabupaten, sehingga menjadi pertimbangan dinas terkait untuk diprogramkan kedepan," jelasnya.

Menurutnya, penggunaan DD-ADD untuk pengeboran air dan penghijauan tidaklah bermasalah. Sebab, pada dasarnya program pemerintah itu akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Apalagi air merupakan masuk kebutuhan yang sangat urgen untuk menunjang kehidupan. Saya rasa tidak masalah, untuk pengadaan mobil boleh kok, apalagi ini menjadi kebutuhan masyarakat," tutupnya.(SR)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.