Kamis, 24 Oktober 2019

Masyarakat Tani Dan Forkopimda Tanam Padi Serentak Perdana Di Gampong Trieng Muduroe Tunong Kecamatan Sawang

    10/24/2019   No comments

MOKI - ACEH SELATAN : Masyarakat Gampong Trieng Muduroe Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan  Kamis 24 Oktober 2019 melaksanakan tanam padi serentak secara perdana.

Acara perdana tanam serentak itu dihadiri seluruh forkopimda dan unsur muspika Kabupaten Aceh Selatan  setempat serta para ibu ibu persitkartika selain itu juga dilanjutkan oleh masyarakat setempat.

Lahan persawahan yang dipersiapkan untuk tanam padi  perdana secara serentak itu  juga telah disiapkan masing masing nama yang dipancangkan di kertas karton seperti Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, KAPOLRES ACEH SELATAN, AKBP DEDY SADSONO.ST, Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Inf R.SULISTIYA HERLAMBANG,HB, kepala Dinas Pertanian Yulizar,anggota DPRK  Aceh Selatan Zamzami dan dua  anggota dewan Kabupaten Aceh Selatan  Murhaban dan WaliFuadi, sedangkan dari  DPRA dihadiri HENDRIYONO,KAJARI PASIE INTEL, DANYON, dan unsur muspika kecamatan Sawang.

Ibu ibu persit kartika,dan sejumlah masyarakat dalam kecamatan Sawang serta dihadiri SKPK penyuluh pertanian dalam Kecamatan Sawang dan juga dihadiri Direktur poltas.


Menurut laporan masyarakat tani Trieng Muduroe Tunoeng Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan berlangsung Kamis 24 Oktober 2019  Tgk Hasan Wali yang ditemui dilokasi mengatakan kendala kami selaku masyarakat tani hanya dengan jaringan air yang masih sangat kurang,karena daerah kami ini sama sekali belum memiliki sumber air,turun ke Sawah ini karena ada turun hujan dan juga merupakan daerah kami ini ibarat lahan tadahnhujan, katanya.
     
Kadis pertanian Kabupaten Aceh Selatan Yulizar SP MM Alumni M.SI, INSTITUT PERTANIAN BOGOR mengatakan dimana luas lahan persawahan di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan seluas 280 hektar keseluruhan dalam kecamatan Sawang sedangkan  Trieng Muduroe Tunong hamparan persawahan luasnya  38 hektar dan khusus di kawasan ini hanya 12 hektar yang dilakukan untuk tanam serentak.

Adizulmawar selaku tokoh masyarakat Sawang dalam kesempatan tersebut mengharapkan kepada pemerintah daerah terutama kadis dan Wakil bupati dan akan halnya hendaknya hasil pertanian untuk dapat ditingkatkan dimasa yang akan datang dengan adanya bantuan semoga harapan kita ke depan dapat berhasil para petani di Kecamatan Sawang ini.
   
Menurutnya  di Kecamatan Sawang kendala nya  adalah  pupuk,kalau bisa dianggarkan dengan dana desa dan sekaligus dapat membuat payung hukum.

Kita mengharapkan agar hasil petani di Kecamatan Sawang dapat menikmati hasilnya sama  dengan provinsi Sumatera Barat.

Pupuk dan bibit hendaknya dapat diperhatikan oleh pemerintah dan juga masih terkendalanya dengan air sehingga dapat terkendala untuk kelancaran bagi petani dalam hal turun ke Sawah.

Adizulmawar juga menyebutkan tentang pasantren yang juga sebagai Pasantren yang presentatif untuk dapat membangun dunia pendidikan kelembagaan Agama Islam  seperti Sekolah MIN. 

Adizulmawar juga memohon kepada Allah SWT agar kegiatan hari ini dapat berjalan dengan lancar dan mudah mudahan menghasikan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat tani.

Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam kesempatan tersebut mengatakan wartawan merupakan corong imformasi  dan merupakan jaringan  pintu untuk memberikan imformasi kepada masyarakat semoga media dapat memberitakan yang baik baik menyangkut dengan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan didalam bidang pertanian.

Program tanam padi merupakan program pusat dari hasil tani bisa membangkit kan perekonomian rakyat apa lagi 5 ton untuk satu hektar hasilnya,itu  sangat lumayan apa lagi 7,5 ton per hektar,namun wakil bupati Aceh Selatan mengatakan dimana kita selaku masyarakat tani untuk jangan takut kepada leu hop,ataupun lumpur, karena dengan kita bertani kita dapat makan.

Dengan adanya kegiatan ini kita dapat melanjutkan pembangunan di Sawang melalui bertani dan juga dapat menjaga seluruh masyarakat terutama untuk melarang anak anaknya memakek narkoba mari sama sama menjaga baik itu anak gadis maupun anak anak laki laki.

Dan kami mengingatkan kepada toko toko bangunan yang ada di Sawang ini  disaat anak anak membeli lem cap kambing untuk ditanyakan terlebih dahulu,sebab tingkah laku anak anak  sekarang ini belum tahu,kalau bisa pihak toko untuk menanyakan kepada orang tuanya,terlebih dahulu,justru itu mari sama sama kita menjaga anak anak agar dapat dihindari dari narkoba.(Yun).

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.