Kamis, 28 November 2019

Event Sumenep Spektakuler, Menarik Perhatian Wisman Australia

    11/28/2019   No comments

MOKI, Sumenep - Event Sumenep Spektakuler yang di gelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menarik perhatian  wisatawan manca negara  asal Australia Mr. Ron.

Pagelaran seni dan budaya itu bertempat di  labeng mesem sebelah timur taman bunga Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (27/11/2019). Malam

“Saya hanya ingin mempromosikan Sumenep sebagai destinasi wisata. Event ini sangat fantastis, dan Sumenep ini kaya akan potensi keseniannya,” kata Mr. Ron, saat diwawancarai awak media disela-sela keramaian.

Para wisman juga sempat mengikuti berbagai penampilan kesenian tradisional khas Sumenep. Bahkan, juga ikut bergabung langsung untuk mengetahui kesenian tradisional itu.

Menurutnya, dari berbagai penampilan itu dirinya lebih menyukai kesenian Jaran Kencak.“Yang bikin menarik di event Sumenep Spektakuler ini kesenian Jaran Kencak,” paparnya.

Ketertarikan dalam event Sumenep Spektakuler itu tidak hanya para wisman saja, melainkan berbagai masyarakat pribumi daerah juga antusias menyaksikan dan hampir padati taman bunga itu.

“Acara ini sangat bagus, selain lebih merawat kebudayaan dan kesenian yang ada, kita bisa tahu ini loh Sumenep, dengan ribuan kesenian yang tersimpan dan terus dijaga sampai saat ini,” ujar Yuli (23), salah satu penonton masyarakat Sumenep.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Carto, mengatakan, jika pagelaran event Sumenep Spektakuler ini lebih kepada penguatan kecintaan seni tradisional kota ber-icon kuda terbang itu.

“Nah, inilah Kesenian Sumenep. Pada seniman dan budayawan ayo bergerak. Ayo seni ini kita kembangkan, literasinya buatkan sekarang. Supaya kesenian yang ada di Sumenep tidak hilang,” harapnya.

Dia menambahkan, bahwa telah bekerjasama dengan Profesor Emy, di Universitas Trunojoyo, dalam pembuatan buku kesenian dan budaya Sumenep.

“Saya bekerjasama dengan Universitas Trunojoyo akan mencoba membukukan kesenian Sumenep. Kadang kita hanya bisa bicara, tapi tidak bisa menulis, makanya saya kerjasama dengan Universitas ini,” imbuhnya. (SR)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.