Sabtu, 23 November 2019

Gandeng Kemenpar, Garda NTT Gelar Seminar Menyambut Pariwisata Premium

    11/23/2019   No comments

MOKI, NTT - Gerakan Patriot Muda Nusa Tenggara Timur yang disingkat GARDA NTT Jakarta menyatakan keprihatinan terhadap kondisi bangsa dan negara Indonesia perlahan tapi pasti menggiring kami melihat situasi dan kondisi tanah kelahiran kami, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang semakin hari, semakin memprihatinkan karena permasalahan di bidang ekonomi, sosial-budaya, politik, dan lingkungan hidup. Permasalahan tersebut dalam pengamatan kami tidak mendapat penanganan dan penyelesaian serius dan sistematis oleh pemerintah. Hal ini rupanya berkaitan erat dengan kualitas sumber daya manusia NTT itu sendiri yang belum mampu bersaing, masih terkooptasi dengan keterbatasan infrastruktur pendidikan, juga kuatnya pola feodalistik sehingga daya saing masyarakat NTT untuk berderap maju menjadi hambatan serius. Sumber daya manusia yang lemah tak akan mampu mendorong perubahan apapun bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Pada konteks kekinian sector ekonomi di bidang pariwisata Indonesia pada umumnya dan di NTT khususnya, kita bahkan sulit menemukan sumber daya manusia ideal yang lahir dari proses pembudayaan, pendidikan dan pergaulan hidup yang matang, yang mampu bersaing mendorog kemajuan pariwisata sebagai leading sector untuk menggerakan simpul-simpul ekonomi lainnya.

Terlebih, dengan naiknya status Labuan Bajo dan Komodo sebagai pariwisata Premium, maka dibutuhkan manusia-manusia NTT yang handal, yang telah siap melakukan ekspansi daya saing, terlatih dan attitude yang baik dalam rangka merealisasikan pelayanan jasah bagi tamu domestic maupun mancanegara.

Pembentukan sumber daya manusia NTT yang visible untuk mengelaborasi gagasan pariwisata premium oleh pemerintah pusat merupakan sebuah proses yang tidak dapat ditunda. Karena itu perlu diskusi-diskusi, seminar untuk membuka cakrawala serta harus diejawantahkan melalui pelatihan-pelatihan secara sistematis dan berkelanjutan agar dapat mencapai kualitas manusia yang optimal. Pembentukan sumber daya manusia tentu juga berasaskan pada solidaritas yang kuat dan saling menjunjung tinggi martabat sesama manusia, yang berkeutamaan intelektual dan berkeutamaan moral tidak dapat terlepas dari budaya dan tradisi tempat seorang manusia tumbuh dan berkembang. Bagaimanakah kita mendidik manusia NTT?

Garda NTT mengajak kita semua untuk terlibat diskursus melihat lebih dalam, menelaah, mengkaji lebih jauh melalui diskusi-diskusi maupun seminar dengan mengundang narasumber kredibel. Karena itu, pada hari ini tanggal 23 November 2019 Garda NTT bersama Kementerian Pariwisata mengelar seminar bertema; "Menyiapkan Sumber Daya Manusia NTT Untuk Memenuhi Standar Pariwisata Super Premium" di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jalan Medan Merdeka Barat No. 17, Jakarta Pusat 10110. Audience yang hadir merupakan para mahasiswa-mahasiswi NTT dan undangan khusus sebanyak 150 peserta. (Max Ponda)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.