Kamis, 21 November 2019

HUT Kabupaten Manggarai Timur Diwarnai Aksi Massa

    11/21/2019   No comments

MOKI, Manggarai Timur-Ratusan massa menggelar aksi unjukrasa di Lehong Borong, Ibu Kota Kabupaten Mangarai Timur. Aksi ini dilakukan bertepatan dengan semarak perayaan hari ulang tahun Kabupaten Manggarai Timur yang ke 12 Tahun.

Massa yang tergabung dalam aksi adalah Anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Manggarai, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan juga dari masyarakat pasar Borong ini melakukan aksi protes terhadap kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Timur.

Pantauan media ini, aksi Demonstrasi ini terjadi sejak pukul 09:00 wita. Masa aksi awalnya berkumpul di Penempatan Lampu Merah, tepatdi depan Polsek Borong berlanjut ke Kantor DPRD Manggarai Timur, Kamis (21/11/2019).

Masa melakukan aksi protes atas kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur yang telah membangun tembok di bagian timur pasar Borong. Menurut mereka Pemerintah tidak meminta persetujuan dari masyarakat dalam membangun tembok di pasar Borong tersebut.

Selain protes dengan pembangunan tembok di pasar Borong, massa aksi juga melakukan protes atas pembabatan Hutan Mangrove di Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur.

“Kami mendesak balai pengamanan dan penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan Nusa Tenggara Timur harus turun tangan terkait dengan pembabatan hutan Mangrove. Jika perlu harus diproses secara hukum penjahat ekologi”, kata Tengko, Ketua LMND, Kamis (21/11/2019).

Ia juga meminta agar Gakum memeriksa LHK dan diharapkan pihak berwajib untuk memeriksa pekerjaan tersebut. Sebab menurutnya proyek tersebut sudah melanggar undang-undang no 41 tahun 1999 tentang kehutanan. Diantaranya telah diatur larangan penebangan pohon di wilayah 130 meter dari jarak pasang laut terendah dan laut tertinggi.

“Kami minta proyek ini perlu di periksa langsung oleh Gakkum LHK dan pihak berwajib. Sebab kami melihat papan tender proyek nama paket pekerjaan; Peningkatan Jalan Lingkar Luar Kota Borong, namun kenyataanya justru pembangunan jalan baru dan menyebabkan pembabatan Magrove,"tambahnya kepada media ini.

Pada bagian akhir wawancara ia mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Manggarai Timur. “Ini adalah Kado yang buruk di Hari Ulang Tahun Kabupaten Manggarai Timur,” tukasnya. (Max Ponda)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.