Sabtu, 02 November 2019

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Halsel Gelar Sosialisasi Rekrutmen Panwaslu Tingkat Kecamatan

    11/02/2019   No comments

MOKI, HALSEL-Guna  meningkatkan pengawasan terhadap pilkada 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan, menggelar Sosialisasi Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati/ Walikota dan Wakil Walikota Pilkada Serentak Tahun 2020 mendatang. Kegiatan tersebut minggu ini ditargetkan delapan Kecamatan yang disosialisasikan dimulainya Obi Utara bertempat di ibu kota kecamatan Madopolo, pada pukul  04.00 Wit. Untuk posisi pengawas yang akan ditempatkan di setiap kecamatan.

Kordinator Devisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Halsel, Asman Jamil Kepada Media Ini menyebutkan untuk minggu ini ada delapan kecamatan yang mulai dilakukakan sosialisasi yakni Obi Utara, Obi Induk, Bacan Barat, Bacan Timur Tengah, Gane Barat, Gane Timur, Kayoa Selatan dan Kayoa Induk.

"Delapan kecamatan ini yang di targetkan Bawaslu Halsel untuk melakukan sosialisasi rekruktmen dalam minggu ini, "jelasnya saat di konfirmasi via seluler usai kegiatan, Jumat (01/11/19)

Dikatakannya, sosialisasi rekrutmen panwaslu kecamatan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati/ Walikota dan Wakil Walikota pilkada serentak tahun 2020 mendatang, tidak terlepas dari dasar hukum, dan sudah ditentukan sesuai mekanisme dalam UU yang ditetapkan.

"Olehnya itu sosialisasi ini dasar hukumnya PKPU No. 15 Tahun 2019 tentang jadwal tahapan dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota Wakil Walikota menjelang pikada pada tahun 2020, "katanya.

Lanjutnya, sosialisasi rekrutmen ini terdapat beberapa poin secara garis besarnya seperti, Kewenangan pembentukan, Bawaslu kabupaten/kota membentuk panwaslu kecamatan untuk pemilihan umum gubernur, bupati, walikota dan, dalam melaksanakan pembentukan panwaslu kecamatan, pengawas pemilu membentuk kelompok kerja (Pokja) pembentukan panwaslu kecamatan, "paparnya

Selain itu Asman menambahkan, untuk persyaratan pendaftaran calon panwascam,  harus melalui prosedur rekrutmen

Dirinya juga berharap pentingnya kegiatan ini selain dari sosialisasi rekrutmen panwaslu, adanya kesadaran kita bersama jelang pilkada serentak.

"Saya berharap kesadaran masyarakat terkait dengan pengawasan pemilu, untuk itu mari kita bersama-sama untuk mengawasi jalannya pilkada tahun 2020 nanti ," singkatnya.(Adhy)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.