Minggu, 24 November 2019

Kasdam IM Tinjau Gladi Posko II Batalyon Kavaleri Macan Setia Cakti

    11/24/2019   No comments

MOKI - BANDA ACEH : “Selain berkemampuan, kita juga harus mengerti saat menghadapi situasi perang di garis depan”.

Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin SE meninjau pelaksanaan latihan geladi posko II tahun 2019, yang dipusatkan di Batalyon Kavaleri (Yonkav) 11/Macan Setia Cakti, Jantho, Aceh Besar, Jumat (22/11).

Dalam peninjauan latihan tersebut, Kasdam IM turut didampingi antara lain Asisten Oprasi (Asop) Kasdam IM Kolonel Inf Wahyu Dili Yudha Irawan, Danyon Kavaleri 11/Macan Setia Cakti Mayor Kav Eko Julianto Ramadhan.

Disela peninjauan, Kasdam menyaksikan mekanisme cara pemberian perintah oprasi (PO), cara Pengendalian Sistem Kodal Pertempuran, dan Sistem Pelayanan dari unit2 pendukung Satuan Kavaleri oleh pelaku dari Masing-masing pimpinan staf secara bergantian, selain itu, juga memberikan pembekalan kepada para staf perencana maupun pelaku latihan Geladi posko II.

Kasdam Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin mengatakan bahwa latihan geladi posko II merupakan sarana untuk menguji kesiapan operasional satuan khususnya Batalyon Kavaleri 11/Macan Setia Cakti, baik itu pembinaan satuan, kemampuan personel, maupun alutsista, serta latihan tersebut juga untuk memberikan gambaran sekaligus mengukur sejauh mana profesional prajurit dalam mengikuti latihan ini. Terutama juga utk melatihkan unsur2 pelayanan / pendukung Satuan Kavaleri dlm suatu pertempuran

“Saat ini yang terpenting, mengembangkan kreativitas kepemimpinan, serta aspek penting dari manajemen operasi adalah perencanaan dan persiapan operasi melalui latihan, sehingga nantinya pelaksanaannya akan sesuai prosedur hubungan Komandan dan staf termasuk pelayan Kompi Markas 11/Macan Setia Cakti dalam mengintegrasikan teknik maupun mekanisme kerja dalam perencanaan dan pengendalian Kodal Tempur, ujarnya.

“Selain berkemampuan, kita juga harus mengerti SIAPA BERBUAT APA, DI LEVEL KOMANDO maupun LEVEL PELAYANAN SATUAN PENDUKUNG yg ada saat menghadapi situasi perang di garis depan,” tegasnya.

Diharapkan, sambung Kasdam, dengan adanya latihan ini, para prajurit TNI Batalyon Kavaleri (Yonkav) 11/Macan Setia Cakti dapat mengaplikasikan setiap melaksanakan tugas di medan yang sebenarnya, yaitu kemampuan bertempur dan pelayanan pendukung tempur dalam tugas pokok TNI, harapnya.

“Kesiapan Batalyon Tim pertempuran dalam operasi lawan Insurjen yang meliputi antara lain, analisa tugas pokok, perencanaan, perkiraan keadaan mapun keputusan, perencanaan dan perintah operasi hingga perkiraan cepat dalam mengambil keputusan serta sistem dukungannya,” pungkas Kasdam IM.

Latihan geladi posko II tahun 2019 berlangsung selama 3 (Tiga) hari 20 sampai dengan 22 November, dan melibatkan sebanyak 186 orang personel Kompi Markas 11/Macan Setia Cakti.(LW).

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.