Senin, 25 November 2019

Miris Tak Diperhatikan, Polindes Desa Moloku Butuh Perhatian Pemerintah

    11/25/2019   No comments

MOKI, HALSEL - Poliklinik Desa (Polindes) Desa Moloku, Kecamatan Gane Barat Utara, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel)  dikeluhkan warga, karena kondisi bangunan sudah tidak layak dihuni.

Salah satu warga Desa Moloku Suhardi J Tawary saat dikonfirmasi mengatakan,  kondisi bangunan kantor Polindes di Desa Moloku, terlihat sudah tidak layak dihuni Karena bangunan yang dibangun sejak puluhan tahun itu, saat ini sudah tidak diurus sehingga mengalami kerusakan, misalnya dinding dinding bangunan dan flafon sudah mulai retak, serta fasilitas penduduknya seperti pelayanan kesehatan terhadap masyarakat pun tidak disediakan.

"Bangunan Polindes di Desa Moloku ini harus butuh perhatian serius dari Pemerintah setempat, karena kondisi bangunan sudah mulai tua, dan rusak sehingga bangunannya terlihat angker seperti rumah hantu,"kata Warga Moloku Suhardi,  saat dikonfirmasi media ini Senin (25/11/2019).

Menurut Suhardi,  jika mengacu pada Amanat UU Desa no. 6 tahun 2016, serta Permen no 5 Tahun 2015 menggariskan bahwa jelass bahwa dana desa selain untuk digunakan untuk pembangunan infrastuktur adapun harus di prioritaskan dalam pembangunan sarana dan prasarana kesehatan di Desa setempat. Namun hal ini tidak di lakukan Pemerintah setempat.

"Padahal setau kami dalam pembagian pos anggaran 10 persen digunakan Untuk Kepentingan Kesehatan,Tapi Hal ini tidak di lakukan oleh Pemerintah setempat dalam hal ini kepala Desa moloku,"ujarnya.

Tidak adanya perhatian Pemerintah setempat terkait Fasilitas kesehatan menyebabkan Bidan desa yang bertugas di Desa moloku  pun memilih pergi sebab Polindes yang di tempanya tidak layak.

Dan hal ini berdampak pada pelayanan kesehatan di Desa Moloku. Ketika warga mengalami sakit mereka sulit mendapat pelayanan kesehatan  dan memilih harus pergi ke tetangga kampung Desa  dolik kecamatan gane barat utara dengan jarak sekitar 10/kilo dengan kondisi jalan yang buruk.

"Untuk itu,  kami harapkan ada perhatian pemerintah kabupaten terhadap fasilitas kesehatan di desa moloku,"harap nya.

Hingga berita ini ditayang, Pemerintah setempat dalam hal ini Kades Moloku Aziz Hi Amuda saat dikonfirmasi belum ada tanggapan terkait masalah tersebut . (red)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.