Jumat, 22 November 2019

Petik Laut di Pasongsongan Bakal di Hadiri Kementrian Kelautan dan Perikanan RI

    11/22/2019   No comments

MOKI, SUMENEP-Dalam rangkaian kegiatan Visit Sumenep 2019, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Kelautan akan menggelar Rokat Tase' atau Petik Laut yang merupakan tradisi orang Madura khususnya wilayah pesisir di Kabupaten setempat.

Kegiatan yang akan dihadiri pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Kemendiknas RI, direncanakan akan dibuka Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si di Pantai Pasongsongan, Minggu (24/11/2019).

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Kelautan Kabupaten Sumenep, Moh. Ibnu Fajar, ST, MT, mengungkapkan, dalam rangkaian kegiatan Rokat Tase’ tersebut pada H-1 malam hari akan dilaksanakan Tahfidz Qur'an. Baru pada Minggu pagi dilaksanakan bersih-bersih pantai yang melibatkan siswa SD se-Kecamatan Pasongsongan sebanyak 100 anak.

“Nanti ketika para tamu dan pejabat Forkopimda datang kami sudah siapkan musik tongtong ul-daul dan tari-tarian untuk mengiringi dan melihat kuliner tradisional khas pesisir,” ungkap Ibnu Fajar, Jumat (22/11/2019).

Dijelaskan, dalam rangkaian kegiatan rokat tase’ tersebut juga akan dilakukan pemberian secara simbolis beberapa bantuan seperti bantuan asuransi, pemberian kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSKA), kartu Pas kapal dan sebagainya.

Sedangkan untuk hiburan masyarakat dalam kegiatan rokat tase’ tersebut akan ditampilkan kesenian tari kolosal potre paseser, topeng, sandur, macopat, saronen dan diakhiri dengan larung benih bibit ikan.

“Dalam kesempatan tersebut juga akan dilaksanakan lomba permainan pesapean gili, lomba hias perahu dan miniatur perahu,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk kegiatan pada siang hari akan dilaksanakan dialog budaya bersama para tokoh kebudayaan dan di dalamnya juga ada pelatihan pengolahan hasil perikanan bagi masyarakat pesisir. (SR)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.