Kamis, 14 November 2019

Sekda Nisel Skala Prioritas Pembangunan Bandara Silambo Tahun 2020

    11/14/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Sekretaris Daerah  (Sekda) Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Ir. Ikhtiar Duha, MM paparkan sejumlah program prioritas sekretariat tahun 2020. Usai mengikuti rapat pembahasan Ranperda tentang APBD TA. 2020 bersama Komisi I DPRD Nisel, saat konferensi Pers diruang Media Center DPRD Nisel, Jalan Saonigeho Km. 2,5 Teluk dalam, Rabu (13/11/2019).

Dihadir Ketua Komisi I Memoris Fau, SH, Wakil Ketua komisi I Aldika Wau, S. H., MH, Sekretaris Komisi I, Biv. Tinanda Limbong, S. Pd. K, Asisten I Gayus Duha, S. Pd, dan Sekwan Firman Giawa, SH, MH.

Sekda Nisel Ir. Ikhtiar Duha, MM menyampaikan bahwa anggaran Tahun 2020 pihaknya memunculkan program lampu jalan dari tenaga tata surya, dan ini dimulai dari nari - nari hingga ke Kecamatan Lahusa, kemudian menuju Kecamatan Gomo. Selain itu, mulai dari simpang sorake menuju Kecamatan Amandraya, dan ini bukan seperti jarak yang kita lihat sekarang, tapi mulai dari 50 meter hingga 200 meter, beber Sekda.

Secara bertahap program ini, karena kita terbatas anggaran, maka itu dulu yang kita kerjakan, sebab anggaran lampu ini hanya berkisar Rp. 900 juta, dan kita sedang berusaha dikementerian ESDM agar kita bisa dibantu, ungkap Sekda.

Ia juga menjelaskan, kegiatan Sail Nias bulan september 2019 yang, Kementerian ESDM kita telah dibantu lampu tata surya sebanyak 200 unit, yang dimulai dari pelabuhan dermaga sampai ke sorake, dan simpang gereja Bawomataluo, dan rencana kita lampu tersebut sampai kedesa Bawomataluo sebagai desa tradisional, tandas Sekda.

Ia  juga menegaskan bahwa Bandara Silambo dipastikan anggarannya telah ada disekretariat, dan apabila anggaran tersebut tidak bisa dilakukan tahun 2019 ini, maka kita bersama DPRD bisa meluncurkannya ditahun 2020 untuk dilakukan pembayaran. Untuk pembayaran itu harus melalui tahapan, sebab apabila kita langkahi regulasinya sesuai UU No. 2 Tahun 2012 tentang tahapan dokumen, maka kita bisa kena, dan ia berharap jika tahapan itu dilangkahi  supaya bisa ditegur, ungkap Sekda.

Untuk KUA APPS belum dianggarkan, namun pada saat pembahasan nanti kita pastikan dipastikan dianggarkan, apabila semua fraksi di DPRD Nisel mengajukan masalah bandara silambo, tentu ini akan menjadi perhatian berapa nanti anggaran yang tersedia,  dengan persetujuan DPRD bersama Pemda Nisel, akhir Sekda. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.