Selasa, 26 November 2019

Sumenep Spektakuler, Beragam Kesenian Khas Sumenep Bakal di Gelar

    11/26/2019   No comments

MOKI, Sumenep - Pagelaran Sumenep Spektakuler bertajuk ‘Sumenep Rumah Seni Budaya, Sumenep Rumah Kita’, akan digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Rabu (27 November 2019) besok.

Agenda sebagai rangkaian kalender visit Sumenep 2019 yang diprakarsai Disparbudpora, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan ini, bakal dipusatkan di Taman Adipura Potre Koning Sumenep.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Carto menjelaskan, agenda Sumenep Spektakuler bakal menampilkan beragam kesenian khas Sumenep.

Ada sebanyak16 kesenian yang akan ditampilakan di sepanjang jalan dari labang mesem hingga tengah tengah taman bunga.

“Kurang lebih ada 16 kesenian yang akan kita tampilkan. Diantaranya, ketoprak, saronen, hadrah, membatik, mocopat, kerawitan, dan lain lain,” terangnya, Selasa (26/11/2019).

Dalam kesempatan itu, pengunjung dan wisatawan tidak hanya dapat nenonton kesenian, melainkan bisa sambil belajar kesenian yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Ini kan sifatnya edukasi, ya siapa saja yang lewat di situ bisa belajar, ada saronen, masyarakat pengen belajar silahkan bareng di situ,” sebutnya.

Lebih lanjut, Carto menambahkan, event tersebut bisa menarik masyarakat atau wisatawan untuk datang menonton seni. Karena mereka bisa secara langsung belajar beragam kesenian khas Sumenep.

“Minimal akan menjadi daya tarik, jadi seni seni kita bisa mengajarkan kepada siapa saja yang hadir. Tidak hanya jadi penonton tapi dia jadi pelaku,” tegasnya.

Untuk memberikan bimbingan kepada para pengunjung dan wisatawan, Carto mengaku telah mempersiapkan para seniman, agar dapat memberikan bimbingan lebih mendalam.

“Malam itu kita siapkan orang orang yang bisa memandu, Ilustrasinya apa di situ, jadi yang mau belajar silahkan, kita arahkan,” kata Carto. (SR)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.