Kamis, 14 November 2019

Tidak Sesuai Amanat Konstitusi Bangsa EK-LMND Halsel Datangi Kantor BPJS Kesehatan

    11/14/2019   No comments

MOKI, Halsel-Terkait adanya kenaikan iuran BPJS kesehatan, EK- Liga Mahasiswa Untuk Demokrasi (LMND) Halsel datangi kantor cabang BPJS kesehatan Kabupaten Halmahera Selatann (Halsel), Rabu, 13/11/2019. Kehadiran tersebut LMND Halsel bermaksud ingin menyuarakan semangat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Julfikram Tamrin sebagai Juru bicara (Jubir) dalam pertemuan itu kepada media ini mengakatan, dirinya bersama rekan-rekannya meminta pihak BPJS agar transparansi dalam pengelolaan iuran BPJS.

“Kami meminta kejelasan dari Kepala BPJS Halsel terkait dengan peningkatan jumlah setoran bulanan yang semakin lama semakin naik, dan meminta kepada pihak khususnya di Halsel untuk transparansi dalam pengelolaan iuran BPJS, dan juga berikan kami data yang secara garis besarnya mempengaruhi kesejateraan masyarakat, karena selama ini BPJS secara nasional mengalami defisit,” pinta Julfikram.

Menurutnya, karena dengan defisitnya anggaran BPJS yang diperoleh dari iuran masyarakat, maka berdampak pada kenaikan iuran BPJS hingga 100%.

“Selain persoalan tersebut, BPJS juga dinilai gagal dalam mensejahterakan rakyat dan gagal memanusiakan manusia jika dibandingkan dengan jaminan kesehatan yang sebelumnya seperti Jamkesnas dan Jamkesda, karena kita ketahui sebagian masyarakat saat mengami sakit mereka belum memilki BPJSnya saat sembuh baru mereka memiliki BPJS tersebut, hal inilah yang membuat BPJS tidak mensejateraakan  masyarakat miskin,"tutur Julfikram.

Ia menyebutkan, berdasarkan amanat UUD 1945 pasal 28 atas berbagai persoalan tersebut meminta kepada pemerintah untuk menghapus sistem jaminan kesehatan yang disebut BPJS.

“Kami menawarkan solusi untuk pemerintahan daerah ataupun nasional agar bagaimana harus memperlakukan kembali jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dan kemudian jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) yang sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila

Selain itu Wawan J Andikumaha Dalam waktu bersamaan menambahkan, "kami dalam hal ini Ek- LMND Halsel secara tegas menolak adanya kenaikan iuran BPJS. Mengingat 60 persen pengguna BPJS adalah masyarakat miskin,"tambahnya.

Ia mengatakan, menolak kenaikan iuran BPJS kesehatan dan menuntut pemerintah eksekutif dan legislatif untuk serius menanggulangi angka kemiskinan di Indonesia khususnya di Halamahera selatan.

"Selain menolak kami juga akan memintah kepada pemerintah daerah dalam hal ini DPRD Halsel agar serius menanggulangi angka kemiskinan di Indonesia khususnya di Halamahera selatan (Halsel), "katanya.

Lanjutnya, dan hal seperti yang disampaikan pihak BPJS menjelang hering tadi bahwa, kenaikan iuran akibat dipengaruhi oleh tidak tertipnya pembayaran iuran masyarakat yang tidak terdaftar pada awalnya, saya kira ini tidak menjadi dasar alasan oleh pihak BPJS, sebab kalo kita mau bicara secara aturan misalkan konstitusi bangsa pasal 34 dan pasal 28 itu menjelaskan setiap warga berhak ataupun wajib mendapatkan yang namanya kesehatan.

"Jadi apa yang disampaikan pihak BPJS tadi saya kira ini bertentangan dengan konstitusi yang selanjutakn kami atas nama LMND tetap mengawal persoalan BPJS saat ini karena, menurut pengkajian kami BPJS merupakan rahmat bagi masyarakat akan tetap BPJS ini merupakan hantu yang kemudian menjelma menjadi sistim kesehatan di Indinesia,"cetusnya.

Terpisah Asila Sergi SE, Kepala kantor BPJS kesehatan Halsel kepada media ini menjelaskan, pihaknya hanya bisa memberikan kejelasan sesuai prosedur pelayanan dan data terkait pelayanan secara garis besarnya.

"Kami hanya bisa memberikan kejelas sesuai aturan pelayanan yang berlaku, karena posisi kami disini sebagai kantor cabangnya BPJS, oleh karena itu, terkait mereka yang nantinya ingin menyuarakan ke DPRD Halsel kami berharap kesalahan ataupun ketidaknyamanan pelayanan, keterlambatan dalam pembayaran, dan lainnya ini bisa kita benahi bersama secara keseluruhan,"tutupnya.(Adhy)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.