Kamis, 28 November 2019

Wakil Walikota Langsa, Lounching Website Tata Kelola Pemerintahan

    11/28/2019   No comments

Wakil Walikota Langsa, Dr H. Marzuki Hamid MM. Marzuki, sedang menjelaskan tentang Website bagian tata pemerintahan. Di Aula Sekdakot, Kamis (28/11/2019).
MOKI - LANGSA : Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM melaunching dan mensosialisasi website Bagian Tata Pemerintahan E-LPPD, SIMPATEN, SIMASET, SI-IPAL dan SISWASKEUDES (Sistem Informasi Pengawasan Keuangan Desa) yang berlangsung di Aula Setda Kota Langsa pada kamis, (28/11).

Aplikasi tersebut  merupakan hasil karya ASN Kota Langsa yang dilahirkan dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan III.

Inovasi-inovasi yang dilahirkan yaitu bidang pengawasan keuangan gampong, informasi dan tata kelola pemerintahan yang di gagas oleh Khairul Ichsan,SSTP (Kabag Tata Pemerintahan), Rika Mariska, SSTP (Inspektorat pembantu) dan Samsul Bahri,ST,MT (Kabid Cipta Karya). Inovasinya adalah Website Bagian Tata Pemerintahan dengan alamat: pemerintahan.langsakota.go.id, Siswaskeudes dengan alamat: siswaskeudes.langsakota.go.id serta SI-IPAL dengan alamat: si-ipal.langsakota.go.id.

Hal ini merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sekaligus mewujudkan Visi Walikota Langsa dalam rangka mewujudkan Kota Langsa sebagai Kota Jasa yang Maju dan Islami berbasis Smart City. Website Bagian Tata Pemerintahan memuat beberapa aplikasi yaitu: E-LPPD, SIMASET, Layanan PATEN dan CHATROOM.

Inovasi ini juga merupakan bagian dari pendidikan para inovator yang mengikuti Diklat PIM III di LAN RI Banda Aceh.

Aplikasi siswaskeudes dijalankan secara online berbasis web dengan mengacu pada peraturan Walikota langsa nomor 79 tahun 2019.

Aplikasi siswaskeudes akan dijalankan mulai dari tingkat Gampong sampai tingkat Kecamatan selaku admin aplikasi dimasing-masing Gampong dan Kecamatan.

Aplikasi siswaskeudes ini dirancang juga sebagai upaya tindak lanjut rencana aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Langsa.

Laporan aplikasi Siswaskeudes selanjutnya akan menjadi data awal bagi kegiatan pengawasan APIP Kota langsa.

Dengan adanya aplikasi siswaskeudes ini diharapkan dapat menjadikan pengelolaan keuangan gampong lebih akuntabel dan penyajian laporan keuangan gampong dapat disajikan tepat waktu.

Selain itu, ada juga Aplikasi berbasis web yaitu Si-ipal, adalah sistem informasi instalasi pengolahan air limbah yang bertujuan untuk penyajian data informasi instalasi pengolahan air limbah di Kota Langsa. Si-ipal menyajikan informasi lengkap tentang jumlah IPal komunal, jumlah sambungan rumah, nilai pekerjaan ipal, lokasi ipal serta KSM pelaksana yang muncul pada aplikasi google map. Selain itu dalam informasi ini dapat diperoleh berapa potensi ipal yang dapat dibangun di Kota Langsa.

Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM mengapresiasi dengan adanya inovasi-inovasi di Pemerintah Kota Langsa, walaupun ini merupakan kewajiban dari peserta yang mengikuti kegiatan Diklat Kepemimpinan tingkat III di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Banda Aceh.

"Ini merupakan inovasi-inovasi yang perlu kita dukung bersama sehingga nantinya menjadi kenyataan dan diterapkan dalam pemerintahan Kota Langsa,"imbuhnya.

Kepada para inovator Marzuki berharap, karya ini tidak hanya sebatas kewajiban mengikuti diklat saja namun dapat diimplementasikan dengan tuntas.

Dikatakannya, Pada zaman sekarang ini merupakan era revolusi industri teknologi dimana hampir semua pelayanan itu harus berbasis Teknologi informasi melalui aplikasi-aplikasi online.

"Oleh karena itu kita harus mengikuti perkembangan teknologi, apabila tidak diikuti maka kita akan ketinggalan terhadap teknologi tersebut,"jelasnya.

Lanjut Marzuki, semua OPD harus mempersiapkan diri melahirkan inovasi-inovasi sehingga lahir aplikasi-aplikasi yang membuat semakin efektif dan efisien untuk memberikan pelayanan terbaik, baik bagi penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat.

"Kita tidak bisa lari dari revolusi teknologi yang sekarang sudah 4.0,"tandasnya.

Sambung Marzuki, Pemerintah Kota Langsa ke depannya akan melihat kader-kader muda yang potensial dalam hal teknologi informasi, dalam hal membaca perkembangan zaman. Para Geuchik juga diharapkan mempersiapkan kader-kader yang memang siap dengan era teknologi sekarang ini.

lebih lanjut Marzuki menjelaskan, Website bagian tata pemerintahan yang merupakan inovasi Kabag Pemerintahan Setda Kota Langsa, Khairul Ichsan,SSTP ini  akan memudahkan memberikan informasi pelayanan pemerintahan kepada stakeholder dan masyarakat. Termasuk juga dapat diangkat informasi-informasi di pemerintahan gampong, yang ada inovasi-inovasi Gampong.

Begitu juga  informasi qanun-qanun atau kebijakan yang ada di Pemerintahan Gampong di Kota Langsa, termasuk juga anggaran-anggarannya serta pengawasannya pun dapat langsung dilihat secara transparan.

"Mudah-mudahan inovasi ini bisa menjadi konstribusi besar untuk mendukung peningkatan kinerja, mendukung efektivitas dan efisiensi di kinerja pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat di Kota Langsa,"pungkasnya.

Acara itu dihadiri oleh Asisten administrasi umum Setda Kota Langsa Alfian,SH, para Kepala OPD, para Camat, para Geuchik dalam wilayah Kota Langsa.(RH)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.