Kamis, 12 Desember 2019

Bupati Didampingi Sekda Halsel Resmikan Pasar Kuliner Saruma

    12/12/2019   No comments

MOKI, Labuha-Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Dalam hal ini Bupati (Halsel) H. Bahrain Kasuba meresmikan langsung Pasar Kuliner Saruma yang berlokasi di Pantai Desa Mandaong Kamis, (12/12/19).

Kegiatan peresmian tersebut berlangsung di Swering Pantai Desa Mandaong Kecamatan Bacan Selatan yang dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halsel, Hj. Nurlela Muhammad, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe beserta Ibu Ketua Dharma Wanita Lely Lihayati, Pimpinan SKPD, Camat Bacan Selatan, serta Para Pedagang Pasar Kuliner Saruma.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba dalam sambutannya  menyampaikan Pasar Kuliner Saruma ini merupakan suatu bentuk pembangunan yang sederhana bagi para pelaku usaha.

"Dengan bangunan ini tidak mengurangi rasa semangat kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menyajikan menu-menu khas Halsel dan khas nasional. Dan tempat ini kita ambil mungkin kelihatannya sederhana tetapi sudah terintegrasi dengan pola pembangunan yang digagas oleh pemerintah pusat dimana harus ada pusat bisnis dan pariwisata, dan hal itu tinggal beberpa langka lagi kita akan sudah ada lagi dengan spor, "jelas Bahrain.

Lanjutnya, ini menjadi suatu kebanggaan karena negara baru merencanakan tetapi Halsel sudah melaksanakan.

Hal Ini merupakan gagasan Dinas Koperasi, Perindustrian, UKM dan Perdagangan (Diskoperindag) juga pemerintah daerah dan mudah-mudahan dapat kita jaga bersama, "tandasnya.

Masih Bupati dalam kesamaan waktu, Bahrain berharap para pedagang dapat menyajikan menu-menu yang bervariasi dan dapat menjaga kebersihan di Pasar Kuliner Saruma.

“Saya berharap para pedagang dapat menyajikan menu-menu bervariasi baik lokal, nasional dan bila perlu internasional karena Halsel ke depan akan dikunjungi turis mancanegara,"harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Muhammad Nur dalam sambutannya mengatakan Dinas Koperindag akan mengelola beberapa hal di Pasar Kuliner Saruma diantaranya parkiran, keamanan dan kebersihan.

“Untuk usaha sendiri oleh Kelompok Masyarakat sedangkan pembinaan akan dilakukan oleh Dinas Koperindag dengan alokasi tempat sebanyak 26 petak, yang dialokasikan untuk pedagang kuliner 24 dan 2 petak untuk gerai UKM dengan tujuan untuk menjual oleh-oleh khas Halsel, "ungkapnya.

Selaku Pembina UKM, Muhammad Nur juga akan bersinergi dengan pedagang kuliner dan Dinas Pariwisata untuk bersama mengembangkan kuliner ini menjadi lebih maju.

“Kegiatan ini juga sekaligus membuat legalitas bagi pedagang kita dengan diserahkannya secara langsung SITU dan SIUP oleh Bupati Halsel. Semoga ini menjadi awal agar pariwisata kita bisa terakomodasi dengan adanya kuliner ini dan kesan pengunjung bisa lebih baik”, harapnya.

Selain itu, Muhammad Ansar saat disabangi wartawan selaku Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kuliner Saruma itu mengatakan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Koperindag.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Diskoperindag sehingga kami bisa menempati lapak yang indan dan sehat ini, "ucap Muhammad

Lanjutnya, hal tentunya ada pemerataan pengunjung yang sesuai dengan semboyan ” Duduk Sama Rendah Berdiri Sama Tinggi”, sehingga tercipta kebersamaan diantara pedagang.

Dirinya juga berharap dengan adanya Pasar Kuliner ini dapat memberikan kemajuan kedepan soal pelayananannya yang lebih terukur oleh pengunjung dan bisa lebih rapih.

"Olehnya itu harapan terakhir kami terumah Pemerintah Daerah itu, betul betul bukan hanya sampai disini, tetapi kita harap bagaimana agar dapat memberikan binaan terhadap pelaku usaha karena, kamai ini bisa beraktivitas tentunya harus ada dukungan dari pemerintah daerah, "Harapnya

Peresmian Pasar Kuliner Saruma ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekertaris Daerah, yang didampingi Bupati, Ketua TP PKK, Ketua Darmawanita Halsel, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPD, dan disaksikan langsung oleh para pelaku Pedagang Usaha, kemudian dilanjutkan penyerahan kunci serta SITU dan SIUP kepada pelaku Usaha Kuliner Saruma oleh Bupati Halsel. Setelah itu, Bupati, Sekda dan Pimpinan SKPD mengunjungi warung kuliner. (adhy)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.