Sabtu, 07 Desember 2019

Jalan TOL JORR II Ruas Kunciran-Serpong Resmi Beroperasi

    12/07/2019   No comments

MOKI, Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ruas Kunciran-Serpong yang dioperasikan oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN) pada Jumat hari ini (6/12/2019).
Ruas Tol Kunciran-Serpong ini mempunyai panjang 11,2 km dan dioperasikan MTN, konsorsium yang dibentuk oleh Grup Astra dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Peresmian dilangsungkan di gerbang tol Parigi, Bintaro, Kota Tangerang Selatan.

Tol JORR II sendiri memiliki panjang keseluruhan 110,4 km serta terdiri atas enam ruas, meliputi, Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

Adapun Tol Kunciran-Serpong merupakan satu dari enam jalan tol yang dimiliki oleh Astra Infra. Lima tol lainnya di antaranya Tol Tangerang-Merak sepanjang (72,4 km), Tol Cikopo Palimanan sepanjang (116,8 km), Tol Semarang-Solo sepanjang (72,6 km), Jombang-Mojokerto sepanjang (40,5 km), dan Tol Surabaya-Mojokerto sepanjang (36,3 km).

Saham MTN dipegang oleh PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra Toll Road) dan Jasa Marga dengan kepemilikan saham masing-masing 40% dan 60%.
JORR II merupakan jalan tol penghubung antara Jakarta dengan Tangerang, TangerangSelatan, Bogor, Depok, dan Bekasi sepanjang kurang lebih 110 kilometer.
Apabila semua ruas JORR II dioperasikan, maka akan memudahkan pengendara dari Jabodetabek yang akan menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Jakarta maupun sebaliknya ataupun ke tempat-tempat lainnya.

Adapun ruas Kunciran-Serpong sepanjang kurang lebih 11,1 kilometer terdiri atas dua seksi pengerjaan, yakni seksi Kunciran-Parigi sepanjang 6,7 kilometer dan seksi Parigi-Serpong dengan panjang 4,4 kilometer.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan bahwa pembangunan jalan tol tersebut dimaksudkan untuk mempercepat mobilitas masyarakat dan transportasi logistik utamanya dari Banten menuju Jakarta dan sebaliknya.

Jokowi menegaskan pembangunan jalan tol ini juga akan menghubungkan kawasan-kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten sehingga distribusi logistik akan jauh lebih mudah, utamanya distribusi barang yang melalui Pelabuhan Merak.

“Jadi jalan tol akan menyambungkan sentra-sentra produksi dengan sentra-sentra distribusi. Semakin tersambung, maka akan semakin efisien yang artinya daya saing kita akan semakin baik dalam investasi maupun daya saing produk  kita yang juga akan semakin meningkat,” ujarnya.

Dalam laporannya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa jalan tol tersebut terdiri atas enam ruas tol yang menghubungkan daerah Cengkareng, Kunciran, Serpong, Cinere, Jagorawi, Cimanggis, Cibitung, dan Cilincing.

“Kami laporkan bahwa jalan tol lingkar luar Jakarta II ini dalam tahap konstruksi dan sebagian besar insyaallah akan selesai pada pertengahan tahun 2020, terutama yang dari Cengkareng sampai dengan Cinere kami targetkan selesai paling lambat Mei 2020 sebelum lebaran,” tuturnya. (IP-KPWBTN)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.