Jumat, 17 Januari 2020

KPU Sumenep Dengan Maskot Si Jambul Siap Mensukseskan Pilbub Sumenep 2020

    1/17/2020   No comments

MOKI, Sumenep - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dengan maskot burung Kaka tua Si Jambul kuning siap mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Burung kakak tua jambul kuning merupakan burung langka  satu-satunya di dunia yang kini terancam punah. Jumlahnya pun saat ini tinggal beberapa ekor saja. Kakatua jambul kuning abbotti merupakan endemis Desa/Pulau Masakambing, Kecamatan Masalembu, Sumenep.

"Hari ini kami resmi melaunching Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020," ujar Ketua KPU Sumenep, Ahmad Warits, Jumat, (17/1/2020).

Menurutnya, kakak tua jambul kuning jenis Abbotti kali pertama ditemukan tahun 1907 oleh Dr WL. Abbott. Karena itu, nama penemu asal Amerika Serikat (AS) itu dijadikan nama jenis burung yang jumlahnya pernah ribuan di Kepulauan Masalembu ini.

" Pada 1999 jumlahnya sempat tinggal 5 ekor. Jenis ini endemik di Pulau Masakambing. Dan pemerintah perlu melakukan terobosan agar tidak punah," jelasnya.

Lanjut dia, Kakatua jambul kuning merupakan salah satu dari empat satwa yang populasinya menjadi prioritas di Jatim selain Elang Jawa, Banteng, dan Rusa Bawean.

Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 memilih burung kakatua jambul kuning itu sebagai maskot pemilihan. Dengan harapan populasinya terus bekembang dan masyarakat semua punya tanggung jawab untuk melestarikannya.

"Maskot tersebut  SI JAMBUL artinya (Siap Jurdil, Aman, Memilih Bupati Langsung)," tutupnya. (SR)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.