Jumat, 24 Januari 2020

Langsa Diusulkan Menjadi Center Point Peduli HAM

    1/24/2020   No comments

MOKI, LANGSA ACEH :  Meraih penghargaan tiga kali berturut-turut, Langsa diusulkan menjadi center poin Kota Peduli Hak Azasi Manusi (HAM) di Provinsi Aceh.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Aceh Lilik Sujandi dalam pertemuannya bersama Wali Kota Langsa di Aula Setda setempat, Kamis (23/1/2020).

"Kami sudah berbicara dengan Dirjen HAM, beliau sudah setuju untuk menjadikan Kota Langsa sebagai center poin Kota Peduli HAM di Aceh,"ujarnya.

Kata Lilik, dengan prestasi yang diraih Kota Langsa secara berturut-turut, pihaknya menjadikan Kota Langsa untuk pilot projek bagi Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Aceh.

"Kita berharap Kota Langsa menjadi pilot projek bagi Kabupaten/Kota lainnya, dengan demikian daerah lain bisa belajar dan berdiskusi dengan stake holder yang ada di Langsa terkait Kota Peduli HAM,"tukasnya.

Pada kesempatan, Wali Kota Langsa Usman Abdullah, SE mengatakan, prestasi yang diraih berkat kerjasama semua pihak yang memiliki kemauan, pengabdian dan keihlasan dalam bekerja.

"Ini buah dari semangat pengabdian dan keikhlasan semua pihak terkait, kepada pihak Kementerian hukum dan HAM Provinsi Aceh agar terus memberikan arahan, tunjuk ajar kepada, prestasi ini dapat terus ditingkatkan,"imbuhnya.

Untuk kenyamanan dan ketertiban warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Wali Kota akan menyiapkan lahan baru untuk relokasi pembangunan Lapas.

"Dengan kondisi Lapas yang sudah melebihi kapasitas, ini sudah bisa kita fikirkan untuk memindahkan Lapas ketempat yang baru. Nanti paling kurang sekitar 15 hektar kita bebaskan lahan tersebut untuk lokasi Lapas yang baru,"ujarnya.

Namun Walikota menekankan agar, saat pembangunan Lapas harus ada perencanaan yang baik layaknya Lapas yang representatif.

"Kita ingin ada Lapas terpadu, didalamnya ada rumah tahanan, rumah para petugas, ada sarana olahraga ada tempat pelatihan, tempat bercocok tanam, budidaya ikan tawar. Dengan demikian mereka (warga binaan) ada bekal setelah kembali ke tengah masyarakat,"jelas pria yang akrab disapa Toke Suum.

Pemko Langsa akan terus mendukung setiap kemaslahatan umat, termasuk relokasi Lapas. "Jadi ini nanti tolong didiskusikan lagi dengan para pihak terkait untuk relokasi Lapas. Nanti akan dilakukan MoU antara Pemko Langsa dengan Kemenkumham,"pungkasnya.

Hadir bersama rombongan Ka Kanwil Kemenkumham Kadiv pemasyarakatan Drs.Meurah Budiman, SH.MH, kadiv Imigrasi Herdaus SH. MH, Kabid HAM Irfan, SH, MH, Kabag P2LDrs. Mahyadi.(Rusdi Hanafiah)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.