Rabu, 29 Januari 2020

Menilik Potensi Danau Solok Destinasi Alam Yang Butuh Perhatian Pemerintah

    1/29/2020   No comments

MOKI, JAMBI-Revitalisasi danau solok saat ini sangat di dambakan oleh warga kumpe ulu khususnya warga desa solok. Revitalisasi danau bertujuan untuk mengembalikan fungsi alami danau sebagai tampungan air melalui pengerukan, pembersihan gulma air/eceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai.

Danau solok merupakan destinasi alam yg banyak menyimpan potensi saat ini butuh perhatian  berbagai pihak di antaranya, kementrian PUPR melalaui BWSS VI, PUPR Provinsi Jambi maupun PUPR Kabupaten Muaro Jambi.

Kepala desa solok BASAR menjelaskan kepada media kabar investigasi biro jambi 27/1. Danau Solok terletak Di Desa Solok Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi.

Danau yang memiliki luas lebih dari 1,6 ha ini banyak memiliki pungsi bagi masyarakat setempat antara lain :
Sebagai penyimpanan air/Embung air/cadangan air pada musim kemarau, selain untuk mencukupi kebutuhan mandi cuci pada musim kemarau juga dimanfaatkan untuk usaha pertanian sayur mayur disekitar danau solok.

Selain itu keberadaan danau Solok bisa dijadikan ajang silaturahmi tahunan, dimana di danau ini setiap tahunnya diadakan "BEKARANG". Yaitu mencari ikan secara beramai ramai satu desa, bahkan sering juga diikuti warga desa lain terutama warga yang memiliki asal usul kekerabatan dari desa Solok, mereka sangat merindukan momen BEKARANG ini.

Lebih lanjut kades menerangkan, "Danau ini merupakan danau larangan artinya hanya bisa diambil ikannya pada saat yang ditentukan pada musim kemarau, artinya danau ini sangat dimungkinkan untuk budidaya ikan air tawar yang dapat menunjang perekonomian warga
Danau Solok yang secara geografis dekat ibukota Provinsi Jambi sangat memungkinkan untuk bisa dibangun Taman Wisata Alam, tentunya butuh sentuhan tangan terampil dan ide gagasan putra putri Desa Solok, disamping yang sangat dibutuhkan adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa serta seluruh lapisan masyarakat Desa Solok tentunya,"jarnya. (Dedi w)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.