Jumat, 31 Januari 2020

Pemkab Nisel Tingkatkan Layanan Pembangunan Melalui E-Planning

    1/31/2020   No comments

MOKI, Nias Selatan-Rapat Kerja (Raker) DPRD Nias Selatan (Nisel) dengan Pemkab Nisel.  Kepala BAPEDA Nisel melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan, Rahmat Lase menyampaikan bahwa Pemkab Nisel, dalam meningkatkan layanan informasi pembangunan daerah, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA) akan melaksanakan sistem e-Planning. Sehingga pokok pemikiran, atau program DPRD yang terkafer juga mudah terakses. Saat rapat kerja di aula Paroki Telllo Kecamatan PP Tello Kabupaten Nisel Propinsi Sumatera Utara, Kamis (30/01/2020)

Rahmat Lase menyampaikan bahwa, e-Planning diharapkan dapat maksimal pengerjaannya bulan Pebruari. Selama ini ada sedikit terkendala pada jaringan aplikasi, dengan alasan, sistem kontraknya baru diperbaharui. “E-Planning ini, juga terbuka bagi masyarakat umum untuk melihat seperti pokok-pokok pikiran dewan apa saja yang telah terkafer. Jika tidak tertampung, maka akan diberikan keterangan apakah anggaran di OPD mampu atau tidak. Sehingga pokok-pokok pemikiran itu akan dituangkan kembali melalui aplikasi DAK yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Rahmat menyarankan, "DPRD Nisel terus konsultasi kepada BAPEDA dan OPD terkait kapan aplikasi DAK tahun ini terbuka. Sebelum aplikasi dibuka, kesempatan bagi DPRD untuk menghubungi dan mendampingi kepala OPD dalam memasukkan pokok-pokok pikiran-Nya yang belum tertampung. Silahkan ditanya usulan apa saja yang dapat dikafer oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi," harap Lase.

Ketua DPRD Nisel Elisati Halawa, S.T, apresiasi dan berterimakasih atas paparan dari Bappeda karena sangat dibutuhkan dalam melaksanakan rancangan kegiatan kerja DPRD. Raker ini sangat penting bagi anggota DPRD untuk menentukan langkah dalam membangun Nisel satu tahun kedepan.

Semua kegiatan DPRD Nisel, nanti dasar-dasarnya adalah hasil dari Raker ini terkait keputusan bersama tentang rancangan kegiatan DPRD Nisel dalam satu tahun. Surat pemberian tugas (SPT) yang akan dikeluarkan didasari oleh rencana kerja yang disusun per awal tahun, jadi tidak ada pemberian SPT yang secara tiba-tiba,”jelasnya.

Ketua DPRD Elisati Halawa kembali mengatakan, "Menurut-nya sistem e-Planning sangat menarik. Rapat Kerja yang berkualitas bagi rakyat adalah sebagai simbolisasi kemakmuran dalam segala aspek menyangkut Pendidikan, Kesehatan, Infrastuktur dan pelayanan Administrasi bagi masyarakat dengan cepat dan murah.
Raker juga dilakukan untuk menditeksi kegiatan kedepan agar pelaksanaan sesuai dengan E-Planning yang sudah diterapkan Kabupaten Nisel, semoga Pelaksanaan Raker ini menjadi langkah awal bagi kabupaten Nisel untuk lebih transparan kepada masyarakat agar terhindar dari kegiatan Koruptif kedepannya,"tandas Halawa. (Doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.