Rabu, 05 Februari 2020

3 Sosok Kapolres Pati Yang Melekat Di Hati Masyarakat

    2/05/2020   No comments

MOKI, PATI-Pergantian pucuk Pimpinan Polres Pati merupakan hal yang biasa karena tuntutan tugas yang diemban dan jenjang karir. Bukan masalah lama atau sebentar menjabat disuatu wilayah. Masing-masing memiliki kelebihan kepemimpinan dalam tugas yang diembannya. Karena sebuah tuntutan di Kepolisian yang harus bisa menjadi pengayom dan melindungi masyarakat.

Kita ambil contoh 3 Kapolres yang belum lama memimpin di Pati yang sangat dekat dengan masyarakat.

AKBP Uri Nartanti Istiwidayati berkarir di Kepolisian diawali dari pangkat Bripda (1996) dan pada saat berpangkat Briptu (2000) ia ikut tes sekolah Kepolisian yang lebih tinggi sehingga berhasil menyandang pangkat Ipda (2001), Iptu (2004), AKP (2007), Kompol (2012) hingga AKBP (2016). ‎Adapun pendidikan di Kepolisian yang pernah diikuti Polwan yang biasa dipanggil Uri ini diantaranya SEBA pada 1996, D3 PTIK (2001), PTIK (2009), dan SESPIMMEN (2015).

AKBP Uri Nartanti Istiwidayati sampai saat ini satu-satunya Kapolres dari Polwan yang pernah menjabat di Polres Pati.

Sebagai Kapolres seorang perempuan dikenal lebih luwes di mata masyarakat. Dalam tugasnya untuk menciptakan Kamtibmas agar wilayah aman dan kondusif, lebih banyak melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan sapaan ramah tapi tidak banyak publikasi. Menjabat sebagai Kapolres Pati selang waktu 8 bulan kemudian pindah ke Polres Wonogiri.

Kemudian Kapolres Pati, AKBP Jon Wesly Arianto merupakan lulusan AKPOL 1998 yang lahir di Palembang 4 Februari 1977, Pernah menjabat Kapolres Dompu Polda NTB, Kapolres Tegal, Kapolres Pati selanjutnya pindah ke Bareskrim Mabes Polri.

AKBP Jon Wesly Arianto merupakan Kapolres yang menggantikan AKBP Uri Nartanti Istiwidayati. AKBP Jon Wesly juga tidak beda jauh dengan AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, sebagai Perwira senior sifat ke bapakannya (istilah orang jawa bisa ngemong) sangat dirasakan oleh masyarakat Pati.

Tidak beda jauh dengan Kapolres sebelumnya, AKBP Jon Wesly setiap mendapat undangan dari masyarakat cepat untuk menghadiri, bahkan tidak ketinggalan untuk naik panggung ikut menyumbang lagu ditiap undangan hajatan warga.

AKBP Jon Wesly Arianto menjabat di Polres Pati kurang lebih 1 tahun 3 bulan kemudian pindah di Bareskrim Mabes Polri.

Selanjutnya, AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K. adalah seorang perwira menengah Polri yang sejak 3 Februari 2020 mengemban amanat sebagai Wadirreskrimum Polda Riau. Bambang berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhirnya adalah Kapolres Pati.

AKBP Bambang Yudhantara Salamun adalah Kapolres yang menggantikan AKBP Jon Wesly Arianto. Baru pertama masuk di Polres Pati memang sudah di blow up media dengan programnya tegas dalam penegakan hukum. Semua usaha yang melanggar hukum seperti Minuman Keras, perjudian, Togel dan penyakit masyarakat dilibas habis dengan dibentuknya Satgas Kebo Landoh. Di internal Kepolisian, AKBP Bambang Yudhantara Salamun juga sangat tegas mendisiplinkan anggota karena ingin merubah birokrasi di Kepolisian yang jujur.

Karena dibesarkan oleh orang tua seorang Perwira Tinggi di TNI sudah terbiasa mendapat bimbingan kedisiplinan, AKBP Bambang Yudhantara Salamun dalam melaksanakan tugas juga sangat disiplin sehingga masyarakat mengenal sosok Kapolres Pati yang sangat tegas. Tapi sayang baru 2 bulan mengemban tugas di Polres Pati harus berpindah tugas lagi ke Wadirreskrim Polda Riau.

Kapolres Kapolres sebelumnya yang pernah menjabat di Pati juga sama memiliki kelebihan, karena sebagai pucuk pimpinan di Kepisian sesuai fungsi tugasnya Mengayomi, Melindungi dan Melayani Masyarakat harus bisa dekat dengan masyarakat. (Aris)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.