Rabu, 12 Februari 2020

Antipasi Karhutla, Dandim 0104 /Atim Fokus Ke Koramil Jajaran

    2/12/2020   No comments

Komandan Kodim 0104/Atim Letnan Kolonel Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han).
MOKI - LANGSA : Komandan Kodim 0104/Atim Letnan Kolonel Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) beri penekanan ulang mengenai antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) ke seluruh Koramil jajaran Kodim 0104/Atim. Mulai dari Danramil 01/Serba Jadi hingga Danramil 24/Darul Ikhsan, dikumpulkan di Makodim 0104/Atim untuk membahas Antisipasi Karhutla khususnya di wilayah territorial Kodim 0104/Atim, Selasa (11/2/2020) pagi.

Dalam penekanannya, Dandim 0104/Atim mengatakan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah dan meminimalisir terjadinya Karhutla yang hingga saat ini masih menjadi pokok permasalahan di seluruh wilayah tanah air Indonesia.

Kesadaran masyarakat menjadi salah satu kunci untuk mencegah terjadinya Kebakaran hutan dan lahan, terutama yang tinggal di sekitar daerah perkebunan dan hutan. Masih banyak dari masyarakat kita yang masih menggunakan cara-cara primitif dalam bercocok tanam, khususnya saat membuka lahan untuk digarap menjadi areal bercocok tanam guna menambah penghasilan dengan cara melakukan pembakaran terhadap semak-semak yang akan dibersihkan, papar Dandim.

Lanjutnya, Koramil jajaran melalui Babinsa yang tersebar di setiap desa dapat menjadi alat kontrol dan penyambung informasi kepada masyarakat tentang upaya mencegah terjadinya Karhutla di wilayah binaannya masing-masing. Apakah itu berupa sosialisasi dengan melibatkan instansi terkait, maupun melalui Komunikasi Sosial (Komsos) yang setiap harinya dilakukan Babinsa pada saat turun ke Desa Binaan.

Hal ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat, karena fungsi hutan dan lahan adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Dengan menjaga dan meningkatkan kepedulian terhadap Hutan dan Lahan disekitar wilayah masing-masing, dapat mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor yang akan membawa dampak terhadap masyarakat dan juga ekosistem yang berada disekitarnya, terangnya lagi.

Untuk itu, saya minta ke seluruh Danramil jajaran Kodim 0104/Atim agar tak bosan menggandeng instansi terkait untuk memberikan sosialisasi dan edukasi tentang Antisipasi Karhutla kepada masyarakat di wilayah binaan masing-masing. Tekankan juga kepada setiap Babinsa agar melakukan kontrol, baik itu dengan patroli wilayah maupun melalui Komsos dengan warga binaan, tegas Dandim kepada 24 Danramil jajaran yang hadir di ruang rapat Aula Yudha.(RH).

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.