Senin, 23 Maret 2020

Anggota DPRD Biv. Tinanda Limbong, S.Pd.K Laksanakan Reses Dalam Menjaring Aspirasi Masyarakat

    3/23/2020   No comments

MOKI, Nias Selatan-Mengisi reses ke 2 dalam masa persidangan II Tahun Sidang 2019/2020, Anggota DPRD Biv. Tinanda Limbong, S.Pd.K dari Dapil I meliputi Kecamatan Teluk Dalam, Kecamatan Onolalu, Kecamatan Fanayama dan Kecamatan Luahagundre Maniamolo menjumpai masyarakat kecamatan Onolalu khususnya masyarakat desa Hilinamoza’ua, Hilinamoza’ua Raya dan Hili’alito Sa’ua. Reses dilaksanakan di halaman desa Hilinamoza’ua Kecamatan Onolalu Kabupaten Nisel Propinsi Sumatera Utara, Minggu (22/03/2020).

Turut Hadir : Camat Onolalu Darnis Harita, ST, MA, Para Kepala Desa dan Ketua BPD dari 7 desa lingkup kecamatan Onolalu, Tokoh Masyarakat Onolalu, Tokoh Adat, Agama, Pendidikan, Pemuda dan Wanita Hilinamoza’ua, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Yudika Duha, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah, Pegiat Pembangunan dan Tim Penggerak PKK Hilinamoza’ua serta fasilitator PKH dan aparat desa.

Para tokoh masyarakat Hilinamoza’ua yang berbicara mengharapkan pembangunan jembatan Mofulu dan jembatan Demba supaya menjadi prioritas utama pemerintah pada tahun anggaran tahun depan. Jembatan Mofulu adalah akses tunggal bagi masyarakat Hilinamoza’ua dan Hilinamoza’ua Raya untuk ke luar desa dan ke dalam desa. Jika jembatan darurat saat ini putus maka bisa dipastikan masyarakat akan terisolir dan akan kesulitan berinteraksi dengan masyarakat di luar desa serta menjalankan aktifitas rutin. “Jembatan Mofulu adalah penting bagi kami masyarakat Hilinamoza’ua mengingat jembatan ini menjadi urat nadi kehidupan luar kami” demikian salah satu tokoh masyarakat Hilinamoza’ua mengungkapkan.

Camat Onolalu, Darnis Harita dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakat Onolalu pada umumnya dan Hilinamoza’ua khususnya menaruh harap kepada Ibu Biv. Tinanda Limbong untukz menyambung aspirasi masyarakat ke tingkat pengambil kebijakan untuk dijadikan rencana kerja tahun anggaran berikutnya. Harapan ini mengingat tidak ada putra/i Onolalu yang duduk sebagai anggota legislatif pada periode sekarang. “Di periode DPRD Nias Selatan sekarang ini, Onolalu tidak berhasil mendudukan perwakilannya. Maka ketika ibu Biv. Tinanda Limbong menaruh perhatian ke Onolalu kami sangat berterima kasih. Ibu Biv. Tinanda Limbong memang bukan putri Onolalu tetapi kedatangannya menjemput aspirasi merupakan kebanggaan yang patut kami apresiasi”.

Harita memaparkan bahwa Onolalu dapat menjadi pusat transit antar daerah dalam wilayah Nias Selatan. Onolalu bisa terhubung ke kecamatan Toma, Mazino dan Aramo. Bahkan jalan penghubung Onolalu Toma sudah dimulai tetapi masih stagnasi progesnya, dan perlu tindakan penuntasan, harap Camat Onolalu.

Nada yang sama juga disampaikan tokoh masyarakat Ama Jariati. Jalan trans Aramo, Onolalu, Toma dan Mazino akan memberi dampak ekonomi bagi masyarakat.
Harapan supaya aspirasi yang disampaikan dapat ditindaklanjuti juga disampaikan Kepala Desa Hili’onaha mewakili para Kades di kecamatan Onolalu.

Menanggapi hal itu, Biv. Tinanda Limbong berterima kasih kepada masyarakat Onolalu yang telah mempercayakan kepadanya kesempatan mendengar kebutuhan masyarakat di forum reses ini. “Walaupun masyarakat yang menaruh kepercayaan kepada saya dari wilayah ini sangat sedikit tetapi itu tidak akan saya sia-siakan. Saya hadir menjemput aspirasi karena saya menyadari bahwa saya bagian dari Nias Selatan khususnya Onolalu, beber dari Politisi Partai Demokrat ini.

Maka marilah kita saling menguatkan dan mendukung agar gagasan dan kerinduan hati selama ini dapat terkabul. Tugas masyarakat adalah menyampaikan aspirasi. Tugas kami adalah mengawal usul dan harapan masyarakat agar eksekutif menjadikannya sebuah tindakan”. Saya akan berupaya memperjuangkan aspirasi ini pada setiap jenjang sampai ada kepastian bahwa pemerintah menjadikannya sebagai prioritas, kata Limbong.

Biv. Tinanda Limbong menyinggung potensi alam Onolalu yang kaya. Alamnya subur dikelilingi aliran air. Selain itu memiliki produk budaya yang dapat dibanggakan sebagai potensi wisata berupa arsitek rumah adat dan konfigurasi desa adat yang tertata secara arif.

Hal-hal lain yang disampaikan para tokoh masyarakat adalah jalan penghubung Hiliamuri – Hilifarono – Hilifalago – Hilianamoza’ua; rumah layak huni, tenaga penyuluh pertanian dan peningkatan kualitas kawasan permukiman. Hal yang tidak kalah penting adalah kantor Camat Onolalu yang sampai saat ini masih nompang gedung.

Hasil pengamatan di lapangan, jembatan Mofulu masih merupakan jembatan darurat. Lantai landasan jembatan terdiri dari susunan batang kelapa pipih tanpa pengaman kiri kanan, sehingga sangat tidak aman dilalui. Tetapi mungkin karena sudah terbiasa, masyarakat sekitar melewatinya secara santai. Selain itu, jembatan Demba yang menghubungkan desa Hilinamoza’ua dengan desa Hilifalago merupakan dambaan masyarakat Onolalu juga. Pembangunan jembatan Demba akan memperlancar arus pergerakan masyarakat ke dan dari Hilinamoza’ua Hilifalago secara bolak balik.

Acara reses dimeriahkan oleh hiburan musik dengan penyanyi Trio Gowasa dari desa Hiliganowo. Dalam pantauan, masyarakat terlihat antusias mengikuti reses ini sampai acara ditutup.(doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.