Sabtu, 07 Maret 2020

Bupati Pati Sidak Cek Kesiapan Sejumlah Rumah Sakit Menghadapi Virus Corona

    3/07/2020   No comments

MOKI, PATI-Guna menghadapi virus corona atau COVID - 19, Bupati Pati Haryanto hari ini melakukan cek kesiapan di sejumlah rumah sakit.

Adapun rumah sakit pertama yang di cek kesiapannya ialah RSUD RAA Soewondo.

Bupati mengatakan bahwa cek kesiapan ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi beberapa hari sebelumnya dalam mencegah virus corona.

"Cek kesiapan ini ialah untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa kita memiliki fasilitas ruang isolasi. Yaitu sebanyak tiga ruangan dan enam bed", ujarnya saat dikonfirmasi.

Selain itu, terkait akses menuju ruang isolasi, disediakan jalur yang tidak melewati banyak orang.

Bupati menyebut bahwa hal ini sebagai salah satu bukti sterilisasi fasilitas yang ada.

"Selain petugas dengan mengenakan seragam lengkap, sopir yang membawa kendaraan pun juga menggunakan seragam. Dan seragam ini sifatnya sekali pakai dibuang,"jelasnya.

Bupati menegaskan bahwa pihaknya telah menyediakan cukup banyak seragam tersebut bagi para petugas. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir dan was - was terhadap virus tersebut.

"Apabila terdapat indikasi, bisa langsung menghubungi petugas kesehatan dalam hal ini ialah Puskesmas setempat yang kemudian akan di jemput dan dibawa ke rumah sakit,"ucapnya.

Ia mengingatkan jangan sampai masyarakat yang terindikasi tersebut malah pergi sendiri ke fasilitas kesehatan. Karena hal tersebut justru dapat menyebabkan penyebaran virus ke masyarakat luas.

"Minimal setiap rumah sakit baik negeri maupun swasta memiliki satu ruang isolasi. Sampai saat ini, meskipun ada laporan indikasi, tapi setelah dilakukan pemeriksaan intensif dan verifikasi, ternyata negatif dan hanya flu biasa,"paparnya.

Bupati menyampaikan, apabila terjadi munculnya pasien yang terdampak virus corona, akan dilakukan pemeriksaan dahulu, kemudian menunggu konfirmasi dan koordinasi. Bila terbukti terdampak, akan di rujuk ke Kudus atau ke Semarang.

Setelah melakukan pengecekan di RSUD Soewondo kemudian Bupati melakukan hal serupa di rumah sakit Fastabiq Pati dan akan dilanjutkan pengecekan ke rumah sakit lainnya di Kabupaten Pati secara bergilir an. (Red)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.