Kamis, 23 April 2020

Dominikus Dhima: Bansos Salah Sasaran, Pemprov. DKI Jakarta Tidak Cermat

    4/23/2020   No comments

MOKI, NTT - Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan, Pemprov DKI Jakarta memiliki kewajiban untuk mendistribusikan bantuan sosial kepada warga miskin dan rentan miskin yang terdampak pandemi COVID-19.

Namun sangat disayangkan, yang terjadi di lapangan, bantuan sosial tersebut terjadi banyak masalah sehingga mengakibatkan tidak tepatnya sasaran peneriman bantuan.

Dominikus Dhima, Eks Pengurus Pusat PMKRI menekankan agar Pemprov DKI segera melakukan evaluasi secara keseluruhan terkait data penerima bantuan sehingga tepat sasaran dan lebih transparan.

"Kualitas dan verifikasi data hal yang vital. Pemprov DKI disarankan untuk bisa lebih cermat lagi dalam hal ini. Yang lebih mengejutkan, ada beberapa nama pejabat yang justru terdaftar sebagai penerima bantuan," kata Dion, sapaan akbrabnya di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Menurut Dion, dalam situasi genting seperti saat ini seharusnya tidak terjadi masalah dalam pendistribusian. Akibatnya warga yang terdampak justru tidak menerima bantuan.

"Data ini kacau balau. Ada pejabat malah terdaftar sebagai penerima bahkan juga ada warga mampu di kawasan Kelapa Gaduing hingga menteng ikut terdaftar," ujarnya lagi.

Tugas ini tentu menjadi tanggung jawab serius masing-masing kepala daerah sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melaksakan pemberian bantuan secara menyeluruh kepada warga terdapak pandemi COVID-19.

"Kami mendesak agar Gubernur Anies Baswedan itu sesegera mungkin memperbaiki kualitas data yang akurat demi kepentingan bersama menghadapi pandemi ini, Pemprov harus berhati-hati" tegas dia.

Sebagaimana diketahui, paket bantuan yang diberikan berisi bahan pangan pokok yaitu beras lima kilogram satu karung, sarden dua kaleng kecil, minyak goreng 0,9 liter satu bungkus, biskuit dua bungkus, serta masker kain dua lembar, sabun mandi dua batang, dan tidak ada pemberian berupa uang tunai. (M. Ponda)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.