Kamis, 23 April 2020

Menyambut HUT Pemasyarakatan, Lapas Telukdalam Produksi Masker Secara Mandiri Cegah Covid-19

    4/23/2020   No comments

MOKI, Nias Selatan-Berdasarkan surat edaran Nomor : PAS-29 UM.06.03 Tahun 2020 tentang kegiatan peringatan hari Bakti Pemasyarakatan ke-56,  Lapas Telukdalam Kelas III adakan Program Bakti Sosial Narapidana serentak diseluruh wilayah Indonesia , salurkan 150 masker masyarakat Desa Nanowa sebagai bagian pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19. Program ini bagian dari pencegahan terjadinya penyebaran virus corona atau Covid-19 yang bisa saja terjadi di wilayah binaan Lapas, ungkap Kalapas Kelas III Telukdalam, Yamansudi Harefa, SH kepada wartawan di Kantor Lapas Kelas III Telukdalam Jalan Desa Nanowa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Kamis (22/04/2020).

Lapas Kelas III Telukdalam menyerahkan masker kepada perwakilan pemerintah desa Nanowa. Langsung diterima Kepala Desa Nanowa, Yamandraso Bago didampingi Kepala Dusun III, Nehego Gaho., Kasi Pelayanan, Edward F Mendrofa dan Kaur Umum, Ahmad Albar Duha sebagai wujud kepedulian bakti sosial dalam rangka menyambut hari Bakti Pemasyarakatan ke-56.

Kalapas Kelas III Telukdalam, Yamansudi Harefa, SH didampingi Kasubsi Urusan Tata Usaha, Syahtul Zega., Kasubsi Pembinaan, Ferry A.T Ziraluo, SE., Kasubsi Admisi & Orientasi, Jefri Erisman H Harefa, A.mk., Kasubsi Keamanan & Tata Tertib, Mangenano Nazara menyampaikan bahwa pihaknya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Dengan dibagikannya masker ini menjadi langkah konkret Lapas turut mencegah penyebaran Covid-19, ungkap Kalapas.

Sementara itu, ditambahkan Kalapas, masker tentunya sangat berguna dan sangat bermanfaat, maka kami terus berkomitmen dalam mendukung Program Pemerintah dalam rangka pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memproduksi masker secara mandiri.
Inisiasi produksi masker secara mandiri ini diambil karena melihat minimnya stok masker di pasaran. Untuk Penanganan Covid-19. Pemerintah telah memberikan anjuran untuk mewajibkan mengenakan masker saat keluar rumah. Untuk itulah, Lapas berinisiatif untuk memproduksi masker secara mandiri, beber Kalapas.

Disebutkan bahwa masker kain sudah cukup untuk dipakai guna pencegahan tertular Covid-19. Produksinya sendiri mengajak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sebelumnya telah dilatih melalui serangkaian pelatihan kemandirian. Hasil produksinya kemudian disalurkan kepada masyarakat dan seluruh WBP – baik yang sedang menjalankan masa pidananya di Lapas maupun yang akan dan telah bebas, petugas pemasyarakatan di Lapas serta masyarakat sekitar, jelas Kalapas.

“Kami bangga kepada WBP kami yang telah sigap dan siap membantu program pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19. Produksi kami memang masih kecil, namun semangat kami sangat besar dalam menghasilkan masker kain yang berkualitas,”  tandas Kalapas.

Lapas juga terus bergerak dalam rangka mencegah dan menanggulangi Covid-19. Berbagai upaya seperti pembatasan kunjungan fisik dan sosialisasi, penyediaan sarana cuci tangan dan hand sanitizer, telah dilaksanakan. Salah satunya adalah dengan melakukan pengeluaran dan pembebasan 20 WBP guna pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, terang Kalapas.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, serta Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 yang terjadi di dunia dan negara Indonesia, akhir Kalapas.

Kades Nanowa, Yamondraso Bago mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian Lapas Kelas III Telukdalam kepada warganya dalam mencegah pandemik Covid-19. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.