Kamis, 09 April 2020

Petis Ikan Produk Unggulan Masyarakat Pasongsongan

    4/09/2020   No comments

MOKI, Sumenep - .Salah satu jenis petis madura yang terkenal adalah Petis Pacetan, petis ini merupakan petis produk hasil khas warga Kecamatan Pasongsongan, Kab Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kamis, 9/4/2020.

Petis madura merupakan kuliner khas sebagai bahan baku pembuatan rujak dimana memiliki rasa yang gurih, rasa gurih tersebut berasal dari sari rebusan ikan yang merupakan bahan utama pembuatan petis itu sendiri, berbeda dengan petis dari daerah lain diluar madura yang biasanya bahan utamanya berasal dari udang sehingga cenderung manis.

Dimana petis ini berbeda dengan petis dari daerah lain diluar sumenep (pamekasan, sampang, atau bangkalan) yang membedakan petis pencetan dengan petis lainnya adalah ikan yang digunakan merupakan ikan tongkol khas patai utara madura yang terkenal akan kualitasnya.

Ditambahan tahapan pengelohannya yang benar-benar dilakukan secara seksama sehingga menghasilkan petis ikan dengan aroma khas yang tidak di jumpai di daerah lain, produksinya pun terbatas kerena untuk menghasilkan petis pancetan membutuhkan waktu yang lama mulai dari pemilihan ikan hingga pengolahan sehingga benar-benar memperoleh petis yang berasal dari sari ikan terbaik.

Marsie (45) warga setempat menjelaskan, centra petis pancetan ini banyak di jumpai di daerah kecamatan ambunten dan pasongsongan yang notabenya merupakan daerah pesisir utara madura yang merupakan penghasil ikan tangkap terbaik.

"Dengan harga  50 ribu hingga 100 ribu anda dapat membawa pulang petis pancetan yang gurih dengan cita rasa yang tidak akan ada dapatkan di daerah lain," tandasnya.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.