Selasa, 21 April 2020

Selama Wabah Covid-19, Pemkab Nisel Tinjau Lahan Kosong Untuk Ketersediaan Pangan

    4/21/2020   No comments

MOKI, Nias Selatan-Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Pemkab Nisel) tinjau lahan kosong sebagai langkah antisipasi ketersediaan bahan pangan selama pandemi Covid-19. Memanfaatkan sejumlah lahan kosong untuk penanaman lahan pangan di Desa Siheneasi Kecamatan Luahagundre dan di Desa Hilifaomasi Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nisel Propinsi Sumatera Utara, Senin (20/04/2020).

Dihadiri : Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH, MH., Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Kapolres Nisel, AKBP I Gede Nakti Widhiarta, mewakili Danramil 12/Telukdalam, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Gayus Duha, S.Pd., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ermanjaya Buulolo, SST, Kepala Dinas Pertanian Ir. Norododo Sarumaha.,MM., Kabag Sumda, Kompol J. Situmorang., Camat Luahagundre Rosmanis Dachi, SS., Camat Maniamolo, Riang Hati Wau, Sekcam Maniamolo, Alkatib Dakhi, Kades Siheneasi, Kades Hilifaomasi, Hosman Dakhi dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH, MH disela-sela peninjauan lokasi didampingi Danlanal Nias, Kapolres Nisel kepada wartawan mengatakan, kegiatan hari ini dalam rangka meninjau lahan untuk penanaman sejumlah tanaman pangan sebagai langkah mengantisipasi jika virus Corona masih terus mewabah.
“Antisipasi ketersediaan bahan pokok ini juga merupakan instruksi dari pemerintah pusat ke kita untuk ketersediaan bahan pangan selama pandemi berlangsung di setiap daerah. Tanaman yang dimaksud yakni tanaman yang cepat produktif dan produksi dan mungkin juga sebagai pengganti beras,” tegas Bupati Nisel.

Tanaman pangan tersebut antara lain, cabe, singkong atau ubi kayu serta jagung dan lain sebagainya. Ada sekitar 13 hektar lahan kosong yang akan kita manfaatkan untuk mengantisipasi ketersediaan bahan pangan tersebut selama 3 bulan ke depan, beber Bupati Nisel.

Menurut dia, pemanfaatan lahan kosong itu juga sebagai salah satu upaya pihak unsur Forkopimda Nisel untuk memotivasi masyarakat lain agar dapat memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk penanaman tanaman yang cepat berproduksi dan produktif. Bisa juga dengan menggunakan dana desa. Artinya para Kepala Desa bisa mengalokasikan dana desa untuk memanfaatkan lahan kosong untuk penanaman bahan pangan selain mengalokasikan anggaran untuk bantuan sosial dalam membantu warganya terdampak Corona, terang Bupati Nisel.

Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, juga mengungkapkan bahwa kegiatan pemanfaatan lahan kosong tersebut merupakan langkah untuk menghidupkan lahan kosong menjadi lahan produktif dengan merangkul semua stakholder terkait mulai dari desa hingga ke pemerintah daerah.

Bagaimana kita mengantisipasi ketersediaan pangan terkait pandemi Covid ini ke depan. Dan ini juga merupakan wujud sinergitas Polri, TNI dan pemerintah daerah dalam memanfaatkan lahan kosong untuk ketahanan pangan. Pemanfaatan lahan yang tidak diproduktif menjadi produktif itu juga sebagai salah satu upaya pihak unsur Forkopimda untuk memotivasi pemerintah desa dan masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan-lahan produktif untuk penanaman tanaman yang cepat berproduksi dalam mengantisipasi dampak pandemi Covid-19, ungkap Danlanal Nias (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.