Jumat, 08 Mei 2020

Ahli Gizi RSUDMA, Pandemi Covid-19 Dengan Puasa Tubuh Lebih Sehat

    5/08/2020   No comments

MOKI, Sumunep -  Sebagian orang tampak ada yang masih ragu atau bahkan tidak percaya bahwa puasa dapat membuat tubuh kita sehat. Tampak dari adanya seruan agar tidak melaksanakan puasa, khusunya selama pandemi corona karena dikhawatirkan dapat membuat tubuh menjadi drop. Keraguan dan ketidakpercayaan akan sehatnya orang berpuasa umumnya disebabkan oleh banyak hal diantaranya karena yang orang yang berpuasa cenderung lemas, mudah lelah dan tidak bertenaga, sehingga banyak diantara mereka sering menghabiskan waktu di tempat tidur.

Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar, Sumenep, Madura,  dr. Ratri Purwani menyakinkan kembali bahwa puasa dapat membuat tubuh sehat bukan sebatas jargon belaka. Asalkan, menjalankannya dengan baik dan benar sesuai syari’at dan anjuran kesehatan. Sebab, selain ibadah wajib, puasa sejatinya adalah pembersihan tubuh dari racun.

“Puasa adalah waktu untuk detoks atau pembersihan seluruh anggota tubuh dari racun, sehingga makanlah (ganti) dengan makanan sehat," kata Ratri sapaan akrabnya. Jum'at.(8/5/2020)

Menurut Ratri, konsumsi sayur dan buah adalah pilihan yang sangat tepat. Kalau bisa yang organic dan variatif, sebaiknya kurangi konsumsi gula sederhana (IG rendah), konsumsi madu dan kurma. Masaklah makanan dengan cara menumis, mengukus atau mentah, dan makanlah secara bertahap agar pencernaan dapat beradaptasi.

“Dan yang terpenting, apalagi di masa Pandemi ini, olah sendiri makanan yang dikonsumsi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ratri  juga memberikan tips agar Ibadah puasa dapat membuat orang yang menjalaninya sehat dan bugar.

“Pahami kesehatan tubuh dan niatkan hanya karena Allah, utamakan makanan padat gizi, makan makanan beraneka ragam, selalu segerakan berbuka puasa, minum air yang cukup, sahur diakhirkan jelang imsyak, enyahkan rasa kantuk, hindari yang serba terlalu, atur kegiatan dan istirahat yang cukup,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk olahraga pilihlah olahraga yang ringan, upayakan pagi hari atau setelah subuh, sediakan waktu yang cukup awali dengan pemanasan, lakukan cooling down, atur stress dan tidur siang sejenak.

"Dan untuk pemilihan makanan, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat saat saur
karena dicerna lebih lama sehingga tidak mudah lapar. Hindari karbohidrat sederhana saat sahur, seperti gula, selai, dll," jelasnya.

Sambung dia,  memgkonsumsi sayur dan buah saat buka dan sahur saat bagus. Kurangi konsumsi lemak dan santan, minum air putih lebih bagus.

"Hindari kopi dan minuman bersoda, karena akan membuat perut kembung," tandasnya. (Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.