Sabtu, 02 Mei 2020

Gua Jeruk, Berwisata ke Tempat Eksotis

    5/02/2020   No comments

MOKI, Sumenep - Kabupaten Sumenep, Madura sebagain salah satu wilayah di provinsi Jawa Timur telah lama dikenal dengan wisata-wisata religinya.

Banyak makam atau situs yang berhubungan dengan agama Islam dan kebudayaannya, namun tidak hanya itu, di Sumenep ada juga sebuah obyek wisata yang juga sayang jika lewatkan berkunjung ke pulau Madura, Sumenep,  yaitu Gua Jeruk yang letaknya berada di atas dataran tinggi.

Gua Jeruk terletak di desa Kebunagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, menurut sejarah Gua ini merupakan tempat meditasi yang digunakan oleh Sultan Abdurrahman Pakunata ningrat, adipati Sumenep pada tahun 1811 - 1854 M. Setelah pemerintahan Panembahan Sumolo, Sultan Abdurrahman adalah satu-satunya orang yang dipercaya dan cerdas untuk menjalankan pemerintahan di Sumenep.

Selama era Sultan Abdurrahman, semua orang hidup selepas dan selamatkan. Konomasi itu bekerja sangat lancar, sehingga membuat orang-orang memberi kehormatan tertinggi kepadanya.

Makanya, pelestarian dan keaslian Gua Jeruk dijaga dengan bijak. Hal ini dilakukan untuk mengingat Sultan Abdurrahman dan untuk mengurus salah satu tumpukan sejarah. Banyak orang datang mengunjungi gua jeruk, terutama di musim liburan seperti Idul Fitri dan 7 hari setelah ied.

Jaman dahulu sebelum obyek wisata lain seperti pantai Lombang atau Selopeng terkenal seperti sekarang, masyarakat di sana pada saat musim liburan tiba sekitar tahun 70 sampai 90-an seringnya berbondong-bondong ke Gua Jeruk.

Berwisata di Gua Jeruk cukup seru dan mengesankan, selain sebagai tapak tilas lokasi yang berhubungan dengan sejarah. Dalam perjalanan menuju ke arah tempat tersebut yang agak bekelok-kelok dengan melalui jalan setapak akan memberi kesan tersendiri, karena setiba di lokasi tersebut suasana terasa damai, tentram, segar, selain berdampingan dengan sungai Kebunagung dan dapat juga bermandi ria di sungai. Pengunjung juga bisa melihat indahnya stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam gua.

Fasilitas di Gua Jeruk sudah lengkap,
ada toilet umum dan kamar mandi, Musholla, dan lahan parkir yang memuaskan.

"Pengunjung akan puas menyusuri lokasi dalam gua, bisa dengan santai duduk-duduk di gazebo sembari menikmati semilir angin dan juga melihat pemandangan yang ada dari dataran tinggi," tutur Ardi warga setempat salah satu pencita wisata. Sabtu (2/5/2020)

Menurutnya, bagi pengunjung yang menyukai seni fotografi, bisa dengan leluasa mengabadikan view yang  temui sepanjang perjalanan  menyusuri lokasi dalam Gua Jeruk.

"Pemandangan stalaktit dan stalakmit yang unik dan eksotis bisa menjadi target pengunjung atau latar belakang jika ingin berfoto bersama dengan keluarga," ungkapnya.

Sambung dia,  tidak hanya di dalam ruangan gua bisa mendapatkan panorama menarik, di luar gua juga bisa melihat pemandangan alam yang asri dan hijau karena letak Gua Jeruk sendiri yang berada di dataran tinggi.

"Pengunjung bisa berselfie ria dengan latar belakang pemandangan dataran tinggi yang cantik," tutupnya.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.