Rabu, 20 Mei 2020

KN Antares Berhasil Sandarkan Kemabali MV Silver Sea Dan MV Ang wong, Kapal Ikan Yang Nyaris Hanyut Milik Kementrian Perikanan dan Kelautan

    5/20/2020   No comments

Kasi Operasi Distrik Navigasi Kelas II Sabang, M. Jamil SH, saat berada di Lokasi sandarnya kedua kapalikan tersebut ditambatkan, Selasa (19/05/20) siang.
MOKI, Sabang-Cuaca beberapa hari terakhir ini di Kota Sabang sangatlah buruk karena dilanda Angin kencang dan ombak yang besar, akibatnya Dua kapal Kapal Ikan hasil tangkapan KKP yang  telah disita berdasarkan keputusan Pengadilan Negerri Sabang, MV Silver Sea dan MV Ang Wong yang bersandar di Dermaga milik TNI AL Lanal Sabang, tali spring dan tali depan kapal putus oleh kencangnya angin dan hempasan ombak.

Demikian dikatakan oleh Kasi Operasi Distrik Navigasi Kelas II Sabang M. Jamil SH, ketika ditemui Wapemred MOKI hari Rabu (20/05/20), diruang kerjanya, untuk menanyakan kejadian dan kronologis kedua kapal tersebut dapat diselamatkan oleh Kapal KN Antares Milik Distrik Navigasi Sabang, yang sedang berada di Dermaga Pangkalan Milik Distrik Navigasi Sabang.

Menurut keterangan M. Jamil SH selaku Kasi Operasi yang mengomandoi bergeraknya KN Antares saat memberikan pertolongan adalah berdasarkan permintaan dari Kejaksaan Negeri Sabang, KKP Sabang dan Lanal Sabang dikarenakan kondisi kedua kapal ikan tersebut sudah sangat menghawatirkan dan butuh pertolongan yang amat segera, ujar M. jamil SH.

Lebih lanjut M. Jamil SH selaku Kasi Operasi mengambil langkah dan komando Kapal KN Antares untuk segera bergerak melakukan pertolongan, kepada kedua kapal ikan hasil tangkapan tersebut, dengan cara mendorong bodi kapal MV Silver Sea  yang telah renggang dari Dermaga. Hal tersebut karena tali spring depan dan tali depan kapal juga ikut putus sehingga kapal hanya bisa bertahan dengan tali spring belakan dan tali belakang.

Berkat kerjasama ABK KN Antares yang berkoordinasi dengan Anggota TNI AL Lanal Sabang, KKP Sabang serta Kejaksaan Negeri Sabang, kapal berhasil diselamatkan meskipun saat itu angin turun dengan kencang dan ombak yang besar, kedua kapal ikan sitaan berhasil  disandarkan kembali ditempat semula, kata Kasi Operasi Distrik Navigasi Sabang.

Dia juga menjelaskan bahwa, kejadian putusnya tali kedua kapal ikan tersebut pada hari Selasa (19/05/20) sekitar jam 12.00. Wib. Selanjutnya setelah berkoordinasi dengan para Instansi terkait, barulah KN Antares bergerak memberikan bantuan pertolongan menuju lokasi kejadian sekitar jam 14.00 Wib. Setelah menempuh waktu lebih dari satu jam (15.15 Wib), barulah selesai pekerjaan menyelamatkan kedua kapal ikan tersebut untuk diletakkan ketempat semula, tukas M. Jamil SH. 

Dikatakannya, Kapal KN Antares yang memberikan pertolongan itu adalah merupakan jenis Kapal Negara (KN) Kapal Induk Perambuan milik Distrik Navigasi Kelas II Sabang, yang melayani Perawatan Rambu rambu suar dan Aflossing Penjaga Menara Suar diwilayah kerja Distrik Navigasi Sabang, baik itu yang ada Pantai Barat Aceh maupun yang ada di Pantai Timur Aceh Provinsi Aceh. 

Kedua kapal ikan yang ditolong itu meruapakan kapal ikan hasil tangkapan, karena kedua kapal ikan tersebut melakukan Illegal Fishing di perairan Indonesia dan ditangkap oleh KKP, yang saat itu Mentri Perikanan Kelautan dijabat oleh Susi Puji Astuti. Yang paling dikhawatirkan bila tidak cepat dapat diberi pertolongan, maka kedua kapal tersebut akan hanyut menerjang bibir pantai.

Akibatnya akan fatal karena, keberadaan boat nelayan yang ada disekitar lokasi akan dilanda dan diterjang oleh kapal yang hanyut dikarenakan diterjang Angin kencang dan ombak yang besar. Kerugian sudah pasti akan diderita oleh Nelayan, begitu juga kerugian diderita oleh KKP, karena kapal itu akan menghantam juga dinding beton yang ada di Pelabuhan Teluk Sabang, pungkas Kasiop Disnav Sabang, M. Jamil SH. (Tiopan. AP)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.