Sabtu, 02 Mei 2020

Mengutip Sejarah Wisata Riligi Asta Yusuf Keturunan Rasulullah

    5/02/2020   No comments

MOKI, Sumenep - Wisata riligi Asta Yusuf yang terletak di pulau Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur  memang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata religi bagi peziarah yang ingin berkunjung mendoakan para ulama dan wali allah menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi para wisatawan. Sabtu, 2/5/2020.

Konon di tempat tersebut, diyakini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Hadz Maulana Sayyid Yusuf Bin Ali Bin Abdullah Al Hasan, yang merupakan keturunan rasullulah dan tokoh penyebar agama di tanah air yang berasal dari mekkah. Menurut sejarah makam (Asta) tersebut pertama kali di temukan oleh Sultan Abdurahman yang merupakan raja sumenep yang cukup terkenal.

Menurut cerita yang ada ketika Raja Sumenep Sultan Abdurrahman Pangkutaningrat, beserta rombongannya yang terdiri dari para prajurit berangkat dari keraton Sumenep bermaksud menyebarkan agama islam ke pulau Bali. Dalam perjalanan Sri Sultan Abdurahman dikejutnya oleh adanya cahaya karena penasaran maka Sri Sultan Abdurahman menjumpainya ternyata sebuah sosok jenazah yang memancarkan sinar maka dibawalah ke pulau Talango untuk dimakamkan, setelah dimakamkan selesai berdoa tiba-tiba jatuhlah selembar daun kelor dengan bertuliskan “Hadz Maulana Sayyid Yusuf Bin Ali Bin Abdullah Al Hasan” karena yakin beliau adalah ulama yang mempunyai karomah luar biasa maka Sri Sultan Abdurahman membuatkan batu nisan atas nama beliau.

Abdus (45) jasa angkut penyebrangan Kalianget ke pulau Talango menuturkan,
hampir setiap hari Asta Yusuf tidak pernah sepi, ratusan  peziarah dari luar kota dan jawa  yang hendak berkunjun ke asta tersebut, bahkan di waktu tertentu seperti bulan maulid jumlah peziarah yang datang akan sangat ramai.

"Mulai adanya  Covid-19 peziarah sepi bahkan bisa dikatakan tidak ada peziarah sama sekali," katanya pada media. Sabtu (2/5)

Menurutnya, pengunjung yang datang ke Asta Yusuf merupakan pengujung yang datang dengan rombongan sehingga mereka tidak akan kesulitan untuk mengakses tempat tersebut, cukup mengujungi pelabuhan kalianget yang berjarak 12 KM dari pusat Kota Sumenep setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan kapal penyebrangan rakyat (Tongkang) atau perahu kecil menuju Pulau Poteran Talango yang dapat ditempuh dalam waktu lima 5 menit saja.

"Setelah sampai di pelabuhan rakyat di Pulau Poteran Talango, peziarah dapat langsung menuju ke Asta Yusuf yang jaraknya tidak begitu jauh dari Pelabuhan Poteran Talango, namun bagi para peziarah yang lanjut Usia dapat menggunakan jasa becak yang ada di sekitar Pelabuhan," tutupnya.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.