Selasa, 05 Mei 2020

Pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Muncek Tengah Akan Cairkan 286 Penerima BLT

    5/05/2020   No comments

MOKI, Sumenep -  Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bulan Mei 2020 sebesar Rp600 ribu di Desa Muncek Tengah , Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan segera dicairkan kepada keluarga penerima manfaat yang terdampak wabah corona. Selasa, 5/5/2020.

Pencairan dana di Desa Muncek Tengah  ini sebagai kelanjutan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dan Peraturan Menkeu nomor 40/PMK.07/2020.

Kepala Desa Muncek Tengah Abu Yasit  mengatakan, untuk saat ini bantuan akandicairkan kepada 286 warga terdampak Covid-19. Rp 600.000. tiap penerima selama tiga bulan, terhitung dari bulan  April, Mei dan Juni.

"Kepada penerima bantuan ini, kami minta warga untuk memanfaatkan uang untuk membeli kebutuhan pokok. Belilah beras dan kebutuhan pokok yang lain. Yang penting kebutuhan pangan selama sebulan ke depan bisa aman. Jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting," kata Abu Sapaan akrabnya. Selasa (5/5/20)

Ia mengatakan, beberapa hal yang penting untuk menghindari tertularnya COVID-19 adalah masyarakat selalu cuci tangan pakai sabun, selalu menggunakan masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan massa.

" Untuk antisipai pencegahan Covid-19 kami Pemerintah Desa Muncek tengah memberikan 1500 masker kepada warga, memberikan alat cuci tangan dan melakukan penyemprotan," ungkapnya.

Abu menambahkan, untuk pencegahan penyebaran Covid-19 pihaknya  membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 yang terdiri dari semua elemen perangkat desa, tokoh masyarakat dan bermitra dengan Babinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa.

"Nantinya Relawan akan memiliki tugas dalam pencegahan penyebaran, penanganan terhadap warga korban Covid-19, dan melakukan koordinasi ke pemerintah daerah," jelasnya.

Lanjut dia implementasi kegiatan Relawan antara lain, sosialisasi Covid-19, pendataan penduduk yang rentan, pendataan fasilitas kesehatan, menyiapkan ruang isolasi, melakukan penyemprotan disinfektan, pemantauan perkembangan Orang dalam Pantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP), serta memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul atau kerumunan dalam rangka Physical Distancing.

" Sedangkan dalam konteks penanganan, Relawan dapat merekomendasikan kepada warga yang pulang dari daerah terdampak Covid-19 untuk melakukan isolasi diri baik dirumah masing-masing dengan pemantauan ataupun tempat isolasi yang telah disiapkan desa," tandasnya. (Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.