Senin, 22 Juni 2020

Aparat Desa Golo Lebo Diduga Menjual Lampu Tenaga Surya Program Indonesia Terang

    6/22/2020   No comments

MOKI, NTT-Aparat Desa  Golo Lebo, Kecamatam Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur diduga telah memperjualbelikan atau memindahtangankan Lampu Tenaga Surya dengan nilai jual jutaan rupiah satu lampu kepada masyarakat Desa tetangganya kelurahan Lempang Paji.

Aparat Desa telah mendapatkan keuntungan dari Program Indonesia Terang yang seharusnya diterima secara cuma-cuma oleh masyarakat dan dilarang untuk diperjualbelikan atau dipindahtangankan.

"Kami selaku Masyarakat merasa tidak puas, karena di desa ini masih banyak yang belum mendapatkan Lampu tersebut. Tetapi aneh, Aparat Desa Golo Lebo ini justru menjual Lampu yang merupakan hak kami". Tutur Bapak Vitalis Jelati selaku masyarakat Desa Golo Lebo kepada Media Online Kabar Investigasi ini Jumat, 016/06/2020.

Tenaga surya Program Indonesia Terang yang merupakan misi nawa cita Presiden Republik Indonesia melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini justru diperjualbelikan atau dipindatangankan sampai di tingkat desa.

"Kami disini punya Kantor Desa, tetapi kebijakan Kepala Desa agar pendropingan Lampu tenaga surya itu di rumah kediaman Aparat Desa. Setelah Lampu dibagikan kepada masyarakat, salah satu warga Desa yang memiliki nama sebagai penerima justru tidak mendapatkan lampu Tenaga Surya". Tutur Bapak Vitalis.

Menurut Bapak Vitalis, hal ini bermula ketika adanya Kebijakan Pemerintah Desa agar Lampu Tenaga Surya disimpan sementara di Rumah kediaman Aparat Desa tersebut sebelum dibagikan kepada masyarakat Desa.

Setelah diketahui beberapa Kepala Keluarga di Desa tersebut tidak mendapat Lampu Tenaga Surya tersebut, kemudian warga mencaritahu keberadaan lampu tersebut. Dari hasil pantauan warga masyarakat, beberapa lampu tersebut dijual kepada warga Desa tetangga yaitu di kelurahan Lempang Paji.

Lebih lanjut Bapak Vitalis Jelati kepada Media ini menjelaskan: "Kami sudah sampaikan hal ini kepada Kepala Desa, tetapi kata Kepala Desa Golo Lebo itu sebagai balas jasa. Karena lampu titip di rumahnya". (Max Ponda)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.