Rabu, 17 Juni 2020

Buka Akses Jalan, Forkopimda Bersama DPRD Dan Warga Uluhosi Gelar Gotong Royong Bersama

    6/17/2020   No comments

MOKI, Nias Selatan-Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan DPRD Kabupaten Nias Selatan (Nisel) bersama  Pemerintah Kecamatan Fanayama, 4 Kepala  Desa , pemilik lahan , dan masyarakat melaksanakan gotong-royong massal di Uluhosi membuka badan jalan sepanjang 3 Km dari desa Siwalawa menuju perbatasan Hilimondregeraya di Desa Siliwu Lawa Kecamatan Fanayama Kabupaten Nisel Propinsi Simatera Utara, Rabu (17/06/2020).

Dihadiri Unsur Forkopimda Nisel yakni Bupati Nisel, Hilarius Duha, SH, MH., Kapolres Nisel, AKBP Arke Furman Ambat, S.I.K., Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, SE. M.Tr.Hanla., Ketua DPRD Nisel, Elisati Halawa, ST, Wakil Ketua DPRD Nisel, Fa'atulo Sarumaha, S. IP, MM., Anggota DPRD Nisel, Pegangan Dachi, S.Pd., Danramil 12/Telukdalam, Mayor (Inf) Hatianus Zega., Kadis PU-PR Nisel Erwinus Laia, Kadis Kominfo Nisel Son Giawa,S.H. Kadis Pertanian, Ir. Norododo Sarumaha, MM.,  Kadis Kelautan Seksama Sarumaha, Camat Fanayama Arifman Wau, Kades Siwalawa, Hilikaramaha, Siliwulawa, dan Kades Hilifarokhalawa.

Forkopimda Nisel dan Pemerintah Kecamatan Fanayama bersama warga keempat desa membuka akses jalan yang sebelumnya masih belantara hutan di Desa Siliwulawa kecamatan Fanayama menuju perbatasan desa Hilimondregeraya Kecamatan OnolaluKebon sepanjang 3 kilometer. Kegiatan gotong-royong massal di Uluhosi di Desa Siliwu Lawa diprakasai oleh Wakil Ketua DPRD Nisel, Fa'atulo Sarumaha, S.IP, MM bersama keempat desa yakni desa Siwalawa, desa Siliwulawa, Desa Hilikaramaha dan desa Hilifarokhalawa membuka badan jalan sepanjang 3 Km membersihkan rumput dan batang kayu sepanjang akses jalan yang dibuka disertai dengan alat berat meratakan dan membuka akses jalan baru yang telah dipatok dan hibahkan pemilik tanah.

Lokasi kegiatan gotong royong massal tersebut merupakan jalan penghubung dari Desa Siwalawaliwu Lawa Kecamatan Fanayama menuju Desa Hilimondrege raya Kecamatan Onolalu.

Wakil Ketua DPRD Nisel, Fa'atulo Sarumaha, S.IP, MM., saat ditemui menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat yang dijiwai semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong  dalam pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan serta meningkatkan kehidupan masyarakat di desa, ungkap Politisi Partai Nasdem ini.

Program yang berbasis ke desa diharapkan mampu memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat di desa serta menghidupkan kembali semangat gotong royong, tegas Fa'atulo Sarumaha

Sarumaha mengakui bahwa selama ini banyak kendala didesa yang belum tuntas pembangunannya. Oleh karena itu sebagai wakil rakyat di Dapil I saya terpanggil untuk peduli pembangunan dimulai dari daerah yang belum tuntas agar tercipta keadilan dan pemerataan, tandas Wakil Ketua DPRD

Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH, MH., mengatakan Gotong-royong massal ini dilaksanakan untuk membuka akses jalan baru penghubung antara kecamatan ke kecamatan. Dimana anggaran pembukaan badan jalan ini telah dianggarkan oleh dinas PU-PR Nisel pada APBD T.A 2020.

"Kita berharap kegiatan gotong – royong ini dapat terus berlanjut,dan menghimbau kepada seluruh Kepala Desa agar membudayakan gotong-royong ini kepada seluruh masyarakat. Dan diharapkan juga kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan dan menjaga melalui gotong royong massal ini, tegas Bupati Nisel.

Pantauan Bupati Nisel bersama Rombongan Forkopimda disambut oleh keempat kepala desa, tokoh adat dan tokoh masyarakat ke-4 Desa. Sebelum menuju ke lokasi pembukaan badan Jalan, sejumlah tokoh keempat desa menyerahkan peralatan berupa parang kepada Bupati dan rombongan.

Pembukaan badan jalan ditandai dengan penggalian tanah secara simbolis oleh Bupati Hilarius Duha, disaksikan masyarakat dan Forkopimda yang hadir saat itu.

Disamping itu, Bupati dan rombongan melakukan pembersihan lahan secara simbolis di sepanjang badan jalan yang sudah dihibahkan oleh warga. Selesai gotong royong massal dilakukan pemberian bingkisan kepada 49 orang penghibah tanah.(doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.