Kamis, 11 Juni 2020

Mantap, Kue Apen Julit Desa Karanganyar

    6/11/2020   No comments

MOKI, Sumenep - Kuliner Apen Julit ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Sumenep - Madura.  Lebih cocok dinikmati saat pagi hari bersama teh hangat.

Bahan bakunya terbuat dari tepung beras, santan, ragi dan kelapa. Kue Apen juga ada topping sausnya. Yakni berbahan gula merah, jahe dan kayu manis serta daun pandan.

Butuh perjuangan untuk bisa menikmati makanan ini. Pasalnya, dari beberapa pembuat kue Apen, yang paling legendaris berada di Desa Karanganyar Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep.

Daerah tersebut berada di pesisir mendekati ujung pulau Madura. Melalui hamparan tambak garam yang berhektar-hektar. akhirnya dapat menemukan rumah perajin kue Apen ini.

Harganya cukup murah yakni sekitar lima sampai Rp 5.000 s/d 10.000 ribu untuk setiap bungkus. Dimana satu bungkus isinya 5 buah Apen.

Tanya saja nama Atun pengusahanya, Pasti warga sekitar akan langsung mengarahkan kerumahnya.’’Iya Insyallah banyak yang sudah tahu saya berjualan Apen,’’ katanya. Saat ditemui media. Kamis (11/6/2020)

Mengapa disebut Apen Julit?

Sebab ukuran Apen yang mungil yang dimakan bersama saus gula, dengan cara di Julit, atau dicocol. Makanan ini begitu khas lantaran tak banyak yang menjual. Terlebih, saat ini kuliner tersebut sudah sangat jarang dijual di Kota Sumenep.

’’Kalau mau beli harus pesan dulu. Karena cepat habis,’’ ungkapnya.

Loopis Emas dan Apen Julit adalah makanan khas masyarakat madura. Rasanya sangat lezat jika dibandingkan dengan kue-kue dan jajanan produk lain. (Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.